BERBAGI

Jakarta, kabarpolisi.com – Kepolisian Daerah Metro Jaya mempersiapkan sejumlah alternatif pengalihan arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat Aksi 313 pada Jumat 31 Maret 2017. Unjuk rasa oleh Forum Umat Islam (FUI) mengambil titik aksi di Masjid Istiqlal dan depan Istana Negara.

Untuk mengantisipasi Kemacetan yang ditimbulkan oleh Aksi 313 ini Direktorat Lalu Lintas Polisi Daerah Metro Jaya menurunkan 720 personel utama serta 220 personel cadangan. Aparat keamanan yang disiapkan disebut cukup untuk mengamankan massa yang berjumlah hingga 20 ribu orang.

“Kalau pemberitahuan ada sekitar 20 ribu orang. Namun kami lakukan pendalaman, informasi yang kami dapat baru ada 2.500 orang (yang akan datang),” kata Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan di gedung Dewan Perwakilan Rakyat RI, Kamis, 30 Maret 2017.

Pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan di sekitar Istana Negara. Arus lalu lintas yang dari Jalan Hayam Wuruk menuju jalan Majapahit dialihkan ke kiri di Jalan Juanda. Kendaraan dari Jalan Lapangan Banteng akan diarahkan ke kanan menuju ke Jalan Pos.

Pengendara bermotor dari arah Jalan Senen Raya akan menuju Jalan Budi Utomo diminta lurus ke Jalan Gunung Sahari. Arus Lalu lintas dari Jalan Gunung Sahari ke arah Jalan DR. Sutoyo dialihkan ke Jalan Senen Raya.

Penumpukan kendaraan yang akan terjadi dari Jalan Merdeka Timur menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira. Alternatif lalu lintas juga dilakukan pihak kepolisian untuk kendaraan yang berasal dari Simpang Lima Senen menuju RSPAD diluruskan ke arah Jalan Senen Raya – Wahidin.

Kendaraan yang datang dari Cikini Raya menuju Jalan M. Ridwan Rais diarahkan ke kanan menuju Jalan Kwitang Raya, sedangkan arus lalu lintas yang datang dari Jalan Kwitang Raya akan diputar balikan kembali. Untuk arus dari Jalan Kebon Sirih diluruskan ke arah Jalan Kwitang Raya.

BACA JUGA  Kapolri : Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

Arus Lalu lintas dari arah Jalan Sudirman menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Kebon Sirih atau menuju Tanah Abang.

Alternatif pengalihan juga dilakukan untuk kendaraan dari Abdul Muis diluruskan ke Harmoni maupun ke Jalan Fachrudin, sedangkan arus dari Abdul Muis menuju Jalan Museum diarahkan ke Jalan Fachrudin begitupun sebaliknya.

Pengalihan arus lalu lintas di daerah titik Aksi 313 ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto kepada Tempo.co (rizal/hamzah)