BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Menjelang Acara Debat Capres-Cawapres pertama Pemilu 2019, sejumlah persiapan telah dipersiapkan oleh KPU sebagai lembaga penyelenggara Pemilu. Termasuk siapa saja panelis dalam acara tersebut.

KPU telah menetapkan 7 orang sebagai panelis dalam debat yang akan digelar 17 Januari 2019 nanti. Namun KPU akhirnya memutuskan mencoret nama 2 orang panelis, yaitu mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo.

“Ada dua nama (dibatalkan), yakni Pak Adnan dan Pak Bambang Widjojanto,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dimintai konfirmasi, Jumat (4/1/2019).

Wahyu mengatakan pengurangan panelis debat itu sudah disepakati kedua peserta baik kubu Jokowi dan kubu Prabowo Subianto.

“Masing-masing itu, diusulkan oleh paslon 01 dan 02. pada rapat tadi dan memutuskan untuk mengurangi satu panelis usulan mereka sendiri.,” tuturnya.

Wahyu juga menambahkan, sedangkan lima nama lainnya akan tetap menjadi panelis dalam debat Pilpres 2019. 

Kelima panelis itu adalah pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung Bagir Manan, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara Bivitri Susanti, serta ahli hukum tata negara Margarito Kamis. (Mbs)