Beranda BERITA UTAMA BRI Luncurkan Buku tentang Kamardy Arief yang Bangun Perbankan Mikro

BRI Luncurkan Buku tentang Kamardy Arief yang Bangun Perbankan Mikro

BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Senin (2 April 2018) kemarin meluncurkan sebuah buku bertajuk Kamardy Arief: Transformasi BRI, Sebuah Memoar. Peluncuran buku tersebut merupakan bentuk apresiasi Bank BRI kepada Kamardy Arief yang merupakan Direktur Utama Bank BRI pada tahun 1983-1992.

“Ia dikenal sebagai founding father bisnis mikro BRI, dimana pada zamannya Bank BRI yang semula menjadi penyalur bantuan program pemerintah seperti Bimas dan Inmas menjadi unit kerja bisnis komersial. Ceritanya sangat inspiratif,” ungkap Koordinator Peluncuran Buku, Lilik, kepada kumparan (kumparan.com), Senin (2/4).

Tak hanya itu, Kamardy merupakan orang dibalik produk perbankan mikro yang terkenal sampai saat ini yakni Kupedes dan Simpedes. Transformasi yang dilakukannya dinilai membuat bisnis mikro masih menjadi penopang utama kinerja BRI hingga saat ini.

Buku tersebut diterbitkan secara internal oleh BRI. Menurut Lilik, jumlahnya pun tidak banyak hanya sekitar 300 eksemplar. “Rencananya memang akan dijual komersial. Tapi kami utamakan untuk dijual internal dulu. Karena internal saja sudah banyak. Nanti kalau memang peminatnya banyak, baru kita jual (komersial),” ujarnya.

Buku seharga Rp 100 ribu tersebut membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk penulisan. Proses penulisan dilakukan oleh tim dari internal BRI.
Sedangkan untuk pembiayaan, Lilik masih enggan merinci jumlah dana yang dibutuhkan. Namun ia menyatakan bahwa dana berasal dari internal BRI, bahkan disumbang langsung oleh Kamardy.

Sampai saat ini BRI telah merilis 19 buku termasuk buku milik Kamardy. Ke depan, BRI juga masih berencana untuk mengapresiasi tokoh-tokoh yang berperan penting dalam sejarah BRI. “Tapi masih rahasia. Tunggu saja,” ungkapnya. (Rizal)

BACA JUGA  Ini tiga Komjen yang Berpeluang Gantikan Jenderal Idham Azis