Beranda BERITA UTAMA Dikabarkan Diusulkan jadi Calon Kapolri, MUI Do’akan yang Terbaik untuk Boy Rafli...

Dikabarkan Diusulkan jadi Calon Kapolri, MUI Do’akan yang Terbaik untuk Boy Rafli Amar

BERBAGI

Komjen Polisi Boy Rafli Amar /tangkap layar instagram @boyrafliamar/

JAKARTA – – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut mengusulkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar, sebagai pengganti Jenderal Idham Azis untuk menjabat Kapolri.

Tersiar kabar Presiden Jokowi memajukan Boy Rafli Amar ke Komisi III DPR RI untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan menjadi Kapolri.

Komjen Pol Boy Rafli Amar dinilai sebagi sosok yang tepat menjadi pengganti Idham Azis menjadi Kapolri.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI) Pusat, Amirsyah Tambunan mendoakan yang terbaik semoga Komjen Pol Boy Rafli Amar dapat melaksanakan tugas yang diberikan presiden.

Dalam konteks ini, Amirsyah menilai, sosok Boy Rafli Amar akan mampu menjalankan amanah konsitusi dan UU Kepolisian RI dengan maksimal.

“Jika memang kepercayaan tersebut diberikan kepadanya (Komjen Pol Boy Rafli Amar), sekali lagi saya mendoakan yang terbaik agar beliau dapat menjadi Kapolri yang melindungi dan mengayomi,” tuturnya.

Amirsyah lantas mengingatkan, tentang tujuan kepolisian yang tertuang dalam Undang-Undang No 2 Tahun 2002. Ia mengatakan bahwa, Kepolisian Negara Republik Indonesia bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh mengatakan, penentuan nama calon Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Baik usulan administrasi atau teknis, semua terserah kepada Presiden. Siapapun yang ditunjuk Presiden itu haknya,” katanya Jumat 1 Januari 2021.

Namun hingga saat ini, lanjut dia, pihak Istana Kepresidenan belum menyampaikan Surat Presiden (Surpres) yang berisi nama-nama calon Kapolri yang sudah ditandatangani Presiden Jokowi, untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI.

Ia hanya mengingatkan agar Presiden Jokowi dapat memperhatikan usulan Wanjakti, karena mereka yang mengetahui kondisi internal Kepolisian.

BACA JUGA  34 Motor Diangkut, Kapolda Metro Jaya Langsung Pimpin Operasi Keselamatan Jaya 2021

“Begitu juga dengan Kompolnas yang memahami kondisi sosial masyarakat terkait institusi Kepolisian,” ujar politisi PAN ini.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery meyakini nama calon Kapolri pengganti Idham Azis sudah ada di saku Kepala Negara.

“Terkait nama sampai saat ini belum muncul, masih dalam kantong Presiden dan itu adalah prerogatif Presiden,” ujarnya.

Ia memperkirakan Supres tersebut baru dikirim Istana ke DPR usai masa reses DPR RI. Diketahui, anggota dewan saat ini masih reses hingga 10 Januari 2021.

“Surpres belum ada sampai saat ini, karena DPR masih reses sampai tanggal 10 Januari. Prediksi saya tentu Surpres baru di kirim setelah DPR selesai reses,” katanya.

Tata Tanur