Beranda BERITA UTAMA El Clasico Pukul 19.00 Live SCTV, Madrid – Barca, Ini Faktanya !

El Clasico Pukul 19.00 Live SCTV, Madrid – Barca, Ini Faktanya !

BERBAGI

MADRID, kabarpolisi.com – Duel bertajuk El Clasico Real Madrid vs Barcelona akan tergelar malam ini pukul 19.00 WIB di SCTV (Sabtu 23 Desember 2017).

Laga ini pasti menyita tatapan mata publik sepakbola dunia sejagat akan digelar di kandang Real Madrid : Santiago Bernabeu, beraroma balas dendam. Real Madrid dan Barcelona adalah seteru abadi di Liga Spanyol.

Perang bintang selalu mengiringi laga El Clasico. Nama-nama pemain top dunia berada di kubu kedua tim dengan racikan pelatih kelas dunia.

Real Madrid menghadapi pertandingan akbar El Clasico dengan modal positif. Tim asuhan Zinedine Zidane baru saja meraih gelar Piala Dunia Antarklub 2017 setelah mengalahkan Gremio 1-0 di Sheikh Zayed Sports City, Abu Dhabi, 17 Desember lalu.

Barcelona berstatus pemuncak klasemen sementara La Liga, sedangkan Los Blancos di posisi keempat. Real Madrid tertinggal 11 poin dari klub asal Katalan tersebut.

Selain itu, bintang mereka, Cristiano Ronaldo, juga sedang dalam performa terbaik. Kapten timnas Portugal itu sudah mencetak lima gol dalam empat laga terakhir Real Madrid di semua kompetisi.

Ronaldo Kembali

Kembalinya ketajaman Ronaldo yang sudah mencetak 17 gol selama El Clasico ikut mendongkrak semangat tim yang selalu kalah dalam dua bentrok terakhir dengan Barcelona di La Liga.

Pada laga ini, Valverde akan mempercayakan lini depan untuk mengobrak-abrik gawang Real Madrid kepada Lionel Messi dan Luis Suarez. Sorotan pun akan mengarah kepada Messi apakah mampu menambah golnya di El Clasico.

Pemain asal Argentina itu berstatus top scorer El Clasico dengan gelontoran 24 gol. Ronaldo tentu tidak akan mau kalah bila melihat catatan gol pemain berjulukan La Pulga tersebut.

BACA JUGA  Pengeroyokan Anggota TNI dan Polri di Blok M, Kombes Tubagus : Belum Ada yang Ditangkap

Fakta El Clasico

1. Rivalitas Bersejarah

Selama 115 tahun rivalitas Real Madrid dan Barcelona telah berlangsung. Awalnya terjadi pada 13 Mei 1902, ketika Barcelona menang 3-1 atas Real Madrid di Coronation Cup. Lalu Real Madrid membalas dengan mengalahkan Barcelona 2-1 di liga yang pertama kali digelar pada Februari 1929.

2. Kemenangan Terbesar

El Clasico pernah berakhir dengan skor 8-2 untuk kemenangan Real Madrid, tepatnya di pekan ke-10 liga di musim 1934-1935. Sedangkan kemenangan terbesar Barcelona di Bernabeu terjadi di musim 1973-1974, dengan skor 5-0, disusul musim 2008-2009 dengan skor 6-2.

3. Selalu tercipta gol

El Clasico yang berakhir tanpa gol terjadi 23 November 2002, di Camp Nou. Setelah itu, gol tidak pernah absen di pertemuan kedua klub. Sedangkan di Bernabeu, pertandingan tanpa gol terakhir terjadi di musim 1986-1987.

4. Status Tuan Rumah Tak Pengaruh

Siapa pun yang menjadi tuan rumah, tidak berarti mereka akan menjadi pemenang El Clasico. Di tiga pertemuan terakhir, dua di antaranya tim tamu menang. Barcelona kalah 1-3 di Camp Nou, lalu Real Madrid takluk di Santiago Bernabeu 2-3 dari Blaugrana.

5. Manuel Sanchis merupakan pemain yang memiliki penampilan terbanyak di El Clasico. Raul Gonzalez dan Francisco Gento memang menjadi mantan pemain Real Madrid yang paling banyak melakoni El Clasico di La Liga, tapi untuk hitungan semua kompetisi jadi miliki Manuel Sanchis dengan 43 laga El Clasico.

6. Lionel Messi sudah mencetak 24 gol, menjadikannya top scorer di duel ini. Dia mengalahkan legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano yang mengemas 18 gol. Jumlah gol yang dicetak Messi masih unggul telak dari bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pria asal Portugal itu baru mencetak 17 gol di El Clasico.

BACA JUGA  Kepala Badan Intelijen Keamanan Komjen Paulus Waterpauw Kunjungi Mahasiswa Papua di Makassar

Mohammad Devara Pratama