BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi. com – Presiden Jokowi memberikan apresiasi terhadap kinerja kepolisian mulai dari mengungkapkan berbagai kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, terorisme, hingga kejahatan terhadap kekayaan negara.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup),dalam HUT Bhayangkara ke 73 di halaman Monas, Jakarta Pusat, Kamis (10/6).

Presiden Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-73 tersebut didampingi ibu negara, Iriana, serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah Jusuf Kalla.

Presiden Jokowi juga memberikan beberapa instruksi kepada Polri agar terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Dia juga meminta pihak kepolisian agar mengedepankan strategi pemolisian proaktif. Serta melakukan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

“Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan,” lanjut Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta agar Polri meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum. Tujuannya untuk mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan dan berkeadilan.

“Tingkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, Jokowi juga meminta kepada Polri untuk bisa bekerja sama dengan TNI, kementerian/lembaga hingga pemerintah daerah dan masyarakat.

“Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri,” tutupnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, serta jajaran menteri kabinet kerja.(Red)