BERBAGI

Firli

JAKARTA, kabarpolisi.com – Inspektur Jenderal Polisi Firli yang sebelumnya Deputi Penindakan di KPK, akhirnya dipromosikan menjadi Kapolda Sumatera Selatan.

Mabes Polri mengeluarkan surat telegram rahasia dengan nomor ST/1590/VI/KEP/2019 tertanggal 20 Juni 2019. Dalam telegram yang ditandatangani oleh AsSDM Polri Irjen Eko Indra Heri, Deputi Penindakan KPK Irjen Firli ditarik kembali ke Polri.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan penarikan Firli dari KPK. Dedi mengatakan Firli akan dipromosikan dengan jabatan baru sebagai Kapolda Sumatera Selatan menggantikan Irjen Zulkarnain Adinegara.

“Ditarik kembali dari KPK ke Polri karena dibutuhkan organisasi dan mendapat promosi menjadi Kapolda Sumsel,” kata Dedi lewat keterangan tertulisnya, Jumat (21/6).

Dedi menambahkan, mutasi tersebut murni atas penyegaran organisasi di tubuh Polri. Ia juga membantah adanya dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Firli.

“Kalau yang lain promosi, tour of duty dan area serta dalam rangka penyegaran guna meningkatkan kinerja organisasi,” ucap Dedi.

Total terdapat 72 personel Polri yang dimutasi. Dedi menuturkan hal itu dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja Polri.

“Kalau yang lain promosi, tour of duty dan area serta dalam rangka penyegaran guna peningkatan kinerja organisasi,” katanya.

Berikut beberapa perwira yang mengalami mutasi:

1. Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen (Pol) Muhamad Chairul Noor Alamsyah dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Polair Baharkam Polri,

2. Kapolda Sumsel Irjen (Pol) Zulkarnain akan mengisi jabatan sebagai Kakorpolairud Baharkam Polri,

3. Deputi Penindakan KPK Irjen (Pol) Firli akan mengisi jabatan Kapolda Sumsel,

4. Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho dimutasi sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri,

5. Karowassidik Bareskrim Polri Brigjen Pol Tornagogo Sihombing akan menjadi Dirtipideksus Bareskrim Polri,

6. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Roycke Harry Langie akan menjadi Karowassidik Bareskrim Polri,

7. Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri Kombes Pol Suyudi Ario Seto akan menjadi Dirreskrimsus Polda Metro Jaya,

8. Karokorwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Nasib Simbolon dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun,

9. Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri Kombes Pol Prasetijo Utomo akan menjadi Karokorwas PPNS Bareskrim Polri,

10. Kabagrenmin Divhubinter Polri Kombes Pol Priyo Waseso akan menjadi Kabagkembangtas Romisinter Divhubinter Polri.

Irjen Firli

Firli, pria kelahiran 7 November 1963 itu merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990. Firli melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1997 dan Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) pada 2004.

Firli pernah menjadi Kepala Satuan III Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Pria asal Sumatera Selatan itu pernah menjabat Kepala Kepolisian Resor di Kebumen dan Brebes.

Pada 2009, Firli ditugaskan menjadi Wakil Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat. Setahun kemudian, ia diangkat menjadi asisten sekretaris presiden.

Selanjutnya, pada 2012, Firli ditugaskan menjadi ajudan Wakil Presiden. Saat itu, Firli menjadi ajudan Boediono.

Firli pernah dilantik sebagai Wakil Kepala Polda Banten pada 2014, kemudian menjadi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah pada 2016.

Firli ditunjuk menggantikan Inspektur Jenderal (Pol) Heru Winarko yang diangkat menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional. (BT)