Beranda BERITA UTAMA Di Istanbul Wapres Ajak Negara D-8 Tingkatkan Kerjasama Maritim

Di Istanbul Wapres Ajak Negara D-8 Tingkatkan Kerjasama Maritim

BERBAGI

Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Wakil Kapolri Komjen Syafruddin di KTT D-8 Istanbul, Turki (Ist)

ISTANBUL, kabarpolisi.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengajak negara yang tergabung dalam organisasi D-8 untuk meningkatkan kerja sama di bidang maritim terutama meningkatkan nilai perdagangan antar-negara D-8.

“Kita perlu mempromosikan dan meningkatkan kolaborasi kerja sama maritim untuk meningkatkan konektivitas dan memfasilitasi pengiriman layanan logistik dan memungkinkan peluang ekonomi dan perdagangan yang lebih besar di antara negara-negara anggota D-8,” ujar JK di Lütfi Kırdar International Convention and Exhibition Center, Jumat (20/10/2017).

Hal ini disampaikan JK saat memaparkan pandangannya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) D-8. Selain itu, JK mengajak negara D-8 mempromosikan kerja sama dengan sektor swasta.

“Kita harus mempromosikan kerja sama di semua sektor, khusus dengan sektor swasta. Kemitraan publik swasta akan mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi ekonomi dan pembangunan implementasi kebijakan itu akan meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan penguatan kapasitas sektor swasta itu sendiri, termasuk UKM,” jelas Wakil Presiden Jusuf Kalla.

JK juga optimis KTT D-8 tahun ini menjadi momentum tepat untuk meningkatkan Kerjasama Selatan-selatan (KSS). KSS merupakan kerja sama pembangunan di antara negara-negara berkembang.

“Sejalan dengan tema KTT kita, saya yakin begitu tepat waktu bagi kami untuk mempromosikan Kerjasama Selatan-Selatan ke memperluas peluang ekonomi dari organisasi kami,” papar JK.

Seperti diketahui, D-8 dibentuk di era pemerintahan Presiden Soeharto. Negara yang tergabung dalam D-8 adalah Indonesia, Bangladesh, Mesir, Iran, Malaysia, Nigeria, Pakistan, dan Turki. (Devara)

BACA JUGA  Kepala BNPT Boy Rafli, Tegaskan Teroris Bukan Ajaran Islam