Beranda BERITA UTAMA Kapolda Papua : Ini Bukan Operasi Militer Tapi Penegakkan Hukum

Kapolda Papua : Ini Bukan Operasi Militer Tapi Penegakkan Hukum

BERBAGI

Irjen Polisi Mathius D Fakhiri (Ant)

JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D Fakhiri membantah rilis yang dikeluarkan juru bicara Tentara Pembebasan Negara Papua Barat (TPNPB), Sebby Sambom yang menyatakan ada operasi militer di Kabupaten Puncak.

Fakhiri menegaskan, sejauh ini aparat keamanan gabungan hanya melakukan penegakan hukum secara tegas dan terukur kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Tidak ada operasi militer yang ada penegakan hukum,” ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (17/5/2021) kepada Kompascom

Fakhiri juga membantah tudingan yang menyebut aparat keamanan gabungan menggunakan senjata kaliber berat untuk mengejar KKB.

Menurut dia, baik helikopter milik TNI maupun Polri, tidak bisa digunakan untuk melakukan penyerangan dengan senjata berat seperti rudal.

“Itu hoax, tidak ada pakai rudal. Helikopter kita memang ada, itu heli caracal yang dipakai untuk mengangkut pasukan dan bama (bahan makanan), kalau Polri kita punya dua heli bell untuk mengangkut logistik dan pasukan,” kata dia.

Dalam rilis yang disebar TPNPB terlihat sejumlah rumah yang hangus terbakar. Fakhiri menduga, rumah tersebut justru dibakar KKB. (Tuuk)

BACA JUGA  DPR Nilai Ide Kampung Tangguh Narkoba Kapolri Sebagai Ide Cerdas