BERBAGI

Kapolda Maluku Irjen Polisi Royke Lumowa saat bercerita dengan salah seorang mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Kota Ambon.(Foto: Tagar.id).

AMBON, kabarpolisi.com – Kapolda Maluku Irjen Polisi Royke Lumowa menyatakan, mahasiswa Papua maupun Papua Barat silakan berkuliah karena di Ambon aman dan tidak ada intimidasi.

“Silakan berkuliah, kami dari pihak kepolisian, pemerintah daerah dan TNI memberikan jaminan keamanan 100 persen,” ujar Kapolda Maluku, di sela-sela makan bersama dengan mahasiswa dari Papua dan Papua Barat di kediamannya, Selasa 10 September 2019.

Kapolda berharap mahasiswa Papua untuk tekun menimbah ilmu, pengetahuan dan pengalaman.

Di Ambon, baik-baik saja, karena kami rasa kehidupan orang Ambon dan Maluku, sama saja dengan kita di Tanah Papua

Dengan begitu, besar harapan setelah selesai kuliah dan kembali ke Papua maupun Papua Barat agar bisa memajukan daerah mereka seperti provinsi lain di Indonesia.

Dengan begitu, besar harapan setelah selesai kuliah dan kembali ke Papua maupun Papua Barat agar bisa memajukan daerah mereka seperti provinsi lain di Indonesia.

“30 tahun lalu, saya bertugas di Papua. Kemudian menjadi Kapolda Papua Barat, sehingga sepatutnya sebagai orang tua dan kakak bagi mereka memberikan rasa aman dan motivasi,” tuturnya.

Kata Kapolda, jamuan makan malam yang digelar itu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi 109 mahasiswa asal dua provinsi itu, selama berkuliah dan tinggal di Kota Ambon.

“Hanya pertemuan biasa sekaligus saya melepaskan kangen dengan adik-adik saya dari Papua dan memastikan keamanan mereka,” jelasnya.

Ketua Perhimpunan Mahasiswa Papua dan Papua Barat di Ambon, Erwin Abisay menyatakan merasa aman dan nyaman selama berada di Kota Ambon. Meski di tengah gejolak seperti yang terjadi di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, Ambon tetaplah tempat yang sangat nyaman.

“Di Ambon, baik-baik saja, karena kami rasa kehidupan orang Ambon dan Maluku, sama saja dengan kita di Tanah Papua,” jelasnya. (Imanuel)