Beranda BERITA UTAMA Kapolri di Lampung, Minta Anggota Polri Lebih Humanis

Kapolri di Lampung, Minta Anggota Polri Lebih Humanis

BERBAGI

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian di Polda Lampung 

 

LAMPUNG, KABARPOLISI.COM – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta anggota Polri lebih humanis  dalam menjalankan tugasnya. Orang nomor satu mengungkapkan hal ini di Polda Lampung,  usai sholat  Jumat di Masjid Agung Al Furqon ( 7-4-2017)

Orang nomor satu  di kepolisian RI ini menyampaikan hal tersebut dalam menanggapi beredarnya foto anggota Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polresta Bandarlampung bersama lima mayat yang diduga pelaku begal yang viral di media sosial .

“Foto tersebut tidak etis, ” kata Kapolri.  Namun,  foto tersebut bukanlah bentuk pelanggaran. Pose foto anggota Tekab 308 yang mengepalkan tangan di atas lima mayat tersangka begal, menurut Tito, dinilai tidak etis.

“Foto seperti itu pendapat saya kurang begitu etis, kurang begitu humanis,” ujar Kapolri yang didampingi Kapolda Lampung Irjen Pol Sudjarno.

Tito meminta Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Sudjarno untuk memberikan teguran kepada para anggota Tekab 308 yang ada di dalam foto tersebut. Mengenai sanksi, Tito menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolda Sudjarno.

Menurut dia, bentuk tindakan yang diberikan kepada anggota Tekab 308 juga jangan sampai menimbulkan demoralisasi di kalangan anggota Polri. “Kami tidak ingin ada tindakan yang membuat moral mereka  jatuh, polisi tetap harus tegas dalam memberantas tindak kejahatan,” ujar Tito.

Agar peristiwa beredarnya foto itu tidak terulang, Tito akan melakukan evaluasi agar para anggota Polri lebih humanis. Tito juga sudah memberikan pengarahan mengenai hal itu saat melakukan pertemuan dengan para perwira menengah di Polda Lampung.

Tito mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat kepolisian terhadap para pelaku kejahatan selama sesuai dengan prosedur hukum. “Kalau ada perlawanan yang membahayakan petugas, ambil tindakan tegas,” ujarnya.

BACA JUGA  Kasus Benur, KPK Dalami Peran Azis Syamsuddin-Fahri Hamzah

Selain memberikan pengarahan di Mapolda Lampung, dalam kunjungannya ke Lampung Kapolri Tito Karnavian  meresmikan program serve and protect integration system (SPIS) di Polresta Bandarlampung.P

Program ini merupakan program unggulan Polresta Bandarlampung yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandarlampung, guna meningkatkan keamanan dan menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif sehingga terciptanya situasi yang aman, nyaman dan damai. (dewi)