Beranda BERITA UTAMA Kapolri Ziarah ke Makam Sultan Mahmud Badaruddin II di Ternate

Kapolri Ziarah ke Makam Sultan Mahmud Badaruddin II di Ternate

BERBAGI

TERNATE, kabarpolisi.com – Di sela-sela kegiatan kunjungan kerjanya ke Maluku Utara, Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, menyempatkan diri menziarahi makam Sultan Mahmud Badaruddin II di Ternate, Sabtu (27/01/2018)

Tito yang berasal dari Palembang, sangat mengagumi Sultan Mahmud Badaruddin II sebagai sosok pemersatu Sumsel dan perlawanan terhadap penjajahan.

“Saya mendoakan kepada Allah SWT agar arwah almarhum Sultan Mahmud Badaruddin II diampuni dosa-dosanya selama di dunia dan dilapangkan kuburnya serta dibimbing menuju surga,” kata Jenderal Tito

Kapolri juga membacakan surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas dan ayat Qursi untuk Sultan Mahmud Badaruddin II.

Sultan Mahmud Badaruddin II adalah pemimpin kesultanan Palembang Darussalam (1803-1821) yang dinobatkan pemerintah sebagai pahlawan nasional asal Sumatera Selatan.

Dia beberapa kali memimpin pertempuran melawan penjajah Inggris dan Belanda, hingga akhirnya ditangkap dan diasingkan Belanda ke Ternate sampai meninggal dunia.

Kegiatan Kapolri

Selama di Malut, Kapolri dijadwalkan meresmikan Samsat Apung di Kota Ternate dan peletakan batu pertama pembangunan rumah ibadah di Kecamatan Morotai Selatan (Morsel), Kabupaten Pulau Morotai.

Selain itu, Kapolri akan melakukan pertemuan dengan pejabat utama (PJU), Kapolres dan Pejabat Menengah (Pamen) di wilayah hukum Polda Malut.

Dalam kunjungan kerja selama dua hari di Malut, Kapolri sekaligus ingin memastikan kelancaran dan keamanan menjelang Pilkada Serentak 2018 di wilayah itu.

Dari Maluku Utara, Kapolri dan rombongan rencananya melanjutkan kunjungan kerja ke Manokwari, Papua, melalui Bandara Leo Watimena Morotai.(BIT)