Beranda BERITA UTAMA Kata Rudiantara, Indonesia Bebas Ransomware WannaCry

Kata Rudiantara, Indonesia Bebas Ransomware WannaCry

BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengklaim Indonesia sudah bebas ransomware WannaCry. Virus itu sebelumnya menginfeksi setidaknya 200 ribu komputer di seluruh dunia.

“Boleh dikatakan hari ini sudah tidak ada isu lagi mengenai WannaCry, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia,” kata Rudiantara di sela Asia Pacific Satellite Communications System International Conference (APSAT) 2017 di Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Rudiantara mengaku, meski masih ada pihak terinfeksi WannaCry yang hingga kini belum bisa membuka data, jumlahnya tidaklah besar. Komputer yang terinfeksi WannaCry, kata dia, di Indonesia masih kategori puluhan. Berbeda jauh dengan yang terjadi di belahan dunia lain seperti Inggris, Rusia, dan Tiongkok.

Apa Itu Ransomware ?

Ransomware adalah sejenis aplikasi perusak yang dirancang serta ditanamkan secara diam-diam. Ketika dijalankan, secara jarak jauh aplikasi akan menghalangi akses kepada sistem komputer atau data.

Perangkat lunak ini bekerja dengan mengunci sistem dengan cara mengenkripsi file. Dokumen di komputer pun tidak dapat diakses hingga tebusan dibayar.

Ransomware yang tengah mewabah adalah WannaCrypt0r 2.0. Malware ini yang memanfaatkan kelemahan security pada sistem operasi Windows yang telah ditambal Microsoft melalui security update patch pada Maret lalu. (nafi)

Tag Ransomware, WannaCry, Virus

BACA JUGA  Buru Joseph Paul Zhang, Bareskrim Polri Gandeng Interpol