Beranda KABAR UTAMA Ketika Kapolda Jawa Barat Membantu Mobil Terguling di Jalan Tol Purbaleunyi

Ketika Kapolda Jawa Barat Membantu Mobil Terguling di Jalan Tol Purbaleunyi

BERBAGI

BANDUNG, kabarpolisi.com – Kapolda Jawa Barat peduli. Begitulah yang terjadi di Jalan Tol Purbaleunyi, Bandung, Rabu (13 Juni 2018).

Dua hari jelang lebaran, arus mudik diwarnai sejumlah kecelakaan. Di Tol Purbaleunyi, sebuah mobil Terios bernomor BE 2309 CO terguling ke pinggir jalan tol di KM 115 arah Bandung.

Peristiwa yang terjadi pada pada Rabu (13/6) itu, diketahui oleh rombongan Kapolda Jabar Irjen Polisi Agung Budi Maryoto yang sedang memantau jalur mudik. Spontan Kapolda dan rombongan membantu korban terluka.

“Kapolda Jabar bersama pejabat utama Polda Jabar secara spontan menolong korban kecelakaan lalu lintas tunggal saat melintas di Tol Purbaleunyi,” tulis Humas Polda Jabar melalui Twitter, Rabu (13/6).

Dalam video yang dibagikan, tampak Kapolda yang masih memegang tongkat komando, membantu penumpang mobil ke bahu jalan. Kemudian korban luka dievakuasi menggunakan mobil Humas Polda Jabar.

Sementara mobil Terios yang terguling dievakuasi oleh beberapa orang lalu diderek oleh mobil derek. Belum diketahui penyebab dari kecelakaan tersebut.

Ibu Melahirkan

Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Agung Budi Maryoto memberikan penghargaan kepada Iptu Kuswari, polisi yang membantu seorang ibu melahirkan bayi perempuan di rest area Km 88 Ruas Purwakarta-Bandung-Cileunyi, pada Senin (11/6/2018) lalu.

Agung mengapresiasi tindakan anggota tersebut. Apalagi, menurutnya, operasi ketupat ini merupakan operasi kemanusiaan.

“Kita lebih banyak menolong orang,” kata Agung, Rabu (13/6/2018).

Menurutnya, tugas kepolisian sebagai penjaga keamanan tidak hanya bersifat teknis seperti mengurai kepadatan kendaraan atau memberikan informasi bagi pemudik.

“Tapi juga melayani pemudik yang membutuhkan pertolongan dalam keadaan darurat,” tuturnya.

Selain hal yang berhubungan kemanusiaan, polisi Agung juga meminta petugas sebagai penegak untuk memonitor kendaraan yang melintas dengan baik, serta menindak kendaraan yang melebihi kapasitas dan memeriksa kelayakan kendaraan yang digunakan pemudik. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi kecelakaan dan keamanan para pemudik.

Agung berharap petugas juga dapat mengimbau pengendara atau pemudik untuk beristirahat di tempat-tempat aman atau yang sudah disediakan ketika lelah.

“Untuk rest area, Polda Jabar juga menyiapkan polsek dan polres untuk menjadi rest area yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Iptu Kuswari yang saat itu tengah bertugas di rest area Km 88 membantu ibu yang baru melahirkan dengan membawanya ke RS Bayu Asih Purwakarta untuk mendapatkan penanganan medis.

Muhammad Rizky