Beranda BERITA UTAMA Kisah Tito dan Kawan-kawan di Korps Taruna Akpol

Kisah Tito dan Kawan-kawan di Korps Taruna Akpol

BERBAGI

Mendagri Tito Karnavian (kedua dari kiri) saat di Resimen Korps Taruna. Foto: Dok. Istimewa

Dilantiknya Jenderal Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri oleh Presiden Joko Widodo cukup mengejutkan. Tidak ada yang menyangka sosok Tito dari korps kepolisian menjadi Mendagri.
Ini menjadi sejarah seorang polisi menjadi Mendagri.

Prestasi Tito saat menjadi Kapolri tentu menjadi pertimbangan Presiden Jokowi hingga mengangkatnya menjadi Mendagri.
Bicara soal sosok Tito, belum lama ini, beredar foto muda Tito ketika masih mengenyam pendidikan di Akademi Kepolisian. Foto tersebut mendapatkan perhatian dari masyarakat. Tito adalah lulusan Akpol angkatan 1987.

Dalam foto yang beredar itu, terlihat Tito berpose bersama dengan sejumlah teman angkatannya. Mereka adalah Irjen Royke Lumowa yang kini menjabat sebagai Kapolda Maluku, Kombes Pol (Purn) Karmidi S Utomo, Komjen Pol Arief Sulistyanto yang kini menjabat sebagai Kalemdiklat Polri, dan Sumarno Utomo.

Tito dan teman-teman seangkatannya saat itu berada di Resimen Korps Taruna. Mereka diangkat sebagai pejabat resimen korps saat berada di tingkat III di Akpol.

Para Taruna biasanya akan berbagi kamar tidur yang isinya terdiri dari 4 Taruna. Saat itu, Tito berada di kamar nomor 2 bersama Komjen Pol Arief Sulistyanto, Brigjen Pol Irwanto yang saat itu menjabat Wadan Menkorp Taruna, dan Irjen Pol Martuani Sormin (kini menjabat As Ops Kapolri) yang saat itu menjabat Komandan Polisi Taruna.

Sementara Irjen Royke Lumowa, Kombes Pol (Purn) Karmidi S Utomo, dan Sumarno Utomo berada di kamar nomor 1.

Bicara soal organisasi di Resimen Korps Taruna, Tito dan teman-temannya menjabat sebagai Kepala Sesi (Kasi). Kasi pun dibagi menjadi empat, yaitu Kasi I: Intelijen; Kasi II: Ops; Kasi III: Pers; dan Kasi IV: Anggaran dan Logistik.
Tito saat itu adalah Kasi I, Royke Kasi II, Karmidi Ka Sekretariat, Arief Kasi IV, sementara Sumarno akhirnya di-DO (drop out) karena ada masalah saat di Akpol.

BACA JUGA  Pesta di Tengah Pandemi, Raffi Ahmad dkk Digarap Polisi

Resimen Korps Taruna juga dibagi menjadi beberapa jabatan. Yaitu Dan Men, Wadan Men yang membawahi para Kasi, para Taruna Urusan Tradisi dan Ilmiah, Olahraga, dan Koperasi, dan Dan Yon Korps Taruna tk. I / II/ III/ IV.

Di bawah Dan Yon Korps Taruna masih ada Dan Ki yang terdiri dari 6 orang. Mereka adalah taruna yang memimpin para Taruna tingkat 1, 2, 3, dan 4. Angkatan Tito dipimpin oleh Irjen Pol Paulus Waterpaw yang kala itu menjabat sebagai Dan Yon Korps Tk. 4.

Terkait foto yang beredar ini, Komjen Pol Arief Sulistyanto yang saat ini menjabat Kalemdikpol mengatakan bahwa foto itu semasa menjadi Resimen Korps Taruna. Resimen Korps Taruna sendiri dibuat untuk melatih kepemimpinan.

“Ini untuk melatih kepemimpinan. Tradisi itu sampai sekarang masih berlaku,” kata Arief kepada kumparan, Kamis (7/11).

Sumber : Kumparan.com