Beranda BERITA UTAMA Komnas HAM Pastikan Tidak Ada Tempat Penyiksaan Laskar FPI

Komnas HAM Pastikan Tidak Ada Tempat Penyiksaan Laskar FPI

BERBAGI

JAKARTA – Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, penyelidikan Komnas HAM tidak menemukan adanya rumah penyiksaan pada enam anggota laskar FPI yang ditembak polisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Hal itu disampaikan oleh Choirul Anam dalam konferensi pers pada Senin (28/12/2020).

Dilansir oleh Kompas.com, hal itu disampaikan Choirul Anam berdasarkan penyelidikan sementara Komnas HAM juga bersamaan dengan beredarnya informasi terkait adanya rumah penyiksaan pada anggota laskar FPI.

Anam menuturkan, hingga saat ini pihaknya tengah menelusuri fakta terkait peristiwa penembakan enam orang laskar FPI.

“Jadi saya pastikan bahwa Komnas HAM tidak pernah menemukan rumah tempat penyiksaan,” kata Anam dalam konferensi pers yang ditanyakan Kompas TV, Senin (28/12/2020).

Maka dari itu, ia meminta masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi terkait adanya rumah penyiksaan terhadap enam anggota laskar FPI yang meninggal.

Sebelumnya, Komnas HAM kembali menyampaikan perkembangan dan temuan terkait kasus penembakan enam orang laskar FPI oleh aparat kepolisian di Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (28/12/2020).

Hasilnya, kali ini Komnas HAM menemukan lima barang bukti yang diambil dari tempat kejadian perkara.

Temuan pertama adalah tujuh proyektil peluru. Namun dari tujuh proyektil yang ditemukan, Komnas HAM hanya yakin pada enam proyektil peluru yang ditemukan.

Kemudian ditemukan empat selongsong, lalu seprihan dari badan mobil yang diduga muncul setelah ada peristiwa saling serempet.

Lebih lanjut, Komnas HAM juga menemukan rekaman percakapan dan rekaman kamera CCTV jalan berkaitan dengan peristiwa penembakan tersebut. (Tribun-video.com/Kompas.com)

BACA JUGA  "Transformasi Menuju Polri yang Presisi", Makalah Komjen Listyo Sigit Prabowo di DPR