BERBAGI


MANADO, kabarpolisi.com
– TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat menggelar latihan bersama Cope West tahun 2019, di Manado, Sulawesi Utara. Hal ini menjadi ajang saling belajar antara pilot tempur F-16 TNI AU dan USAF.

Menurut laporan Hendry Tuuk wartawan kabarpolisi.com dari Manado pembukaan Latihan bersama tersebut dilaksanakan di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi Manado, dipimpin Komandan Wing 3 TNI AU Kolonel Penerbang Satriyo Utomo dan didampingi Vice Commander 35 th Fighting Colonel Paul Kirmis.

“Dengan ini Latma Cope West tahun 2019 secara resmi dibuka,” kata Komandan Wing 3 TNI AU Kolonel Penerbang Satriyo Utomo, Senin (17/6) lalu

Kolonel Satriyo mengatakan kegiatan ini bukan latihan operasional taktis penerbangan saja, tetapi diharapkan bisa meningkatkan hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat. Banyak hal yang didapatkan latihan tahun ini di Manado, seperti peningkatan latihan kemampuan penerbang.

“Bahkan kita bisa meningkatkan kerjasama hubungan bilateral, partnership yang hangat dengan Amerika,” katanya.

Colonel Paul Kirmis mengatakan latihan ini memberikan kesempatan lain untuk memperkuat ikatan antara rakyat kedua negara sambil mengasah keterampilan taktis udara ke udara dan inter operabilitas.

Kontingen Angkatan Udara AS terdiri dari sekitar 100 anggota militer Amerika Serikat dari wing tempur ke-35 dan enam pesawat tempur F-16 dari Skuadron Samurai ke-14 berpangkalan di Misawa Jepang.

Pada latihan tersebut juga melibatkan sebanyak tujuh pesawat tempur F-16 dan sekitar 150 personel TNI Angkatan Udara.

Latma Cope West tahun 2019 tersebut akan berlangsung dari 17 hingga 28 Juni **