Beranda BERITA UTAMA Liga Eropa : MU Mujur, Roma Tersungkur

Liga Eropa : MU Mujur, Roma Tersungkur

BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Tim “Setan Merah” Manchester United memastikan melaju ke babak perempatfinal setelah berhasil menumbangkan tim asal Rusia, Rostov di babak 16 besar Liga Eropa 2016-2017 Jumat (17/3/2017) dini hari WIB. Pada leg kedua yang berlangsung di Old Trafford, Setan Merah menang dengan skor 1-0.

Kmenangan tersebut membuat agregat gol berubah menjadi 2-1 bagi keunggulan MU. Satu-satunya gol MU dicetak Juan Mata pada menit ke-70.

Sementara, itu tim kebanggaan ibukota Italia, AS Roma, disingkirkan Olympique Lyon dari ajang Liga Europa setelah kalah agregat (5-4) kendati berhasil menang 2-1 pada leg kedua putaran 16 besar di Stadion Olimpico, Jumat waktu Indonesia.

AS Roma telah berusaha memenangi laga lewat gol Kevin Strootman dan bunuh diri Lucas Tousart, namun Lyon tetap lolos ke perempatfinal dengan agregat 5-4 setelah mengantongi kemenangan 4-2 pada leg pertama pekan lalu.

MU Mujur?

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Rostov mencoba untuk mengambil inisiatif serangan dengan langsung menggebrak pertahanan United.

Namun, pada menit ke-5, Manchester United justru berbalik mengancam da kiper Rostov harus berjibaku di bawah mistar gawang untuk menahan tandukan Marcus Rojo dan sentuhan Zlatan Ibrahimovic dari bola liar.

Semenjak itu, Man United tampak menguasai jalannya pertandingan dengan serangan-serangan yang terus dilancarkan ke pertahanan Rostov hingga pertengahan babak pertama. Alhasil pada menit 34 peluang kembali terjadi bagi Man United.

Kali ini, peluang di dapat Ibrahimovic ketika melesakkan tendangan jarak jauh ke gawang Rostov. Berhasil melewati kiper Rostov, namun tendangan keras bola tersebut menepis tiang gawang Rostov.

Setan Merah pun terus menguasai permainan hingga pertandingan babak pertama. Meski begitu, anak-anak asuh Jose Mourinho tampak kesulitan untuk menembus pertahanan Rostov yang pertahanannya sangat rapat dan penampilan menawan dari kiper Rostov yang beberapa kali berhasil menahan serangan-serangan ke arah gawangnya.

BACA JUGA  Razia Narkoba Kampung Ambon, Polisi Tangkap 50 Orang

Babak Kedua

Paruh kedua dimulai, Man United kembali mencoba bermain menyerang. Selalu menekan, tapi Setan Merah tak mampu menembus pertahanan Rostov sebelum memasuki kotak penalti.

Meski begitu, Rostov juga berusaha untuk keluar dari tekanan dan berhasil mendapat peluang di menit 54. Azmoun yang mendapat ruang tembak ke gawang Man United berhasil ditepis oleh Sergio Romero yang menjaga gawang Man United dengan baik.

Setelah itu, kedua tim bergantian saling menyerang demi memenuhi ambisi melaju ke perempatfinal Liga Eropa musim ini. Hingga akhirnya di menit 70 harapan muncul bagi Man United.

Juan Mata berhasil membuka keunggulan 1-0 bagi Setan Merah setelah berhasil menyelesaikan umpan cantik dari Ibrahimovic di kotak penalti Rostov yang juga mendapat umpan silang dari Henrikh Mkhitaryan di sisi kanan. Gol tersebut juga membuka harapan Setan Merah untuk setidaknya unggul agregat sementara atas Rostov dengan skor 2-1.

Tertinggal satu angka, Rostov kemudian berbalik menyerang. Berusaha untuk terus menekan Man United, tim asal Rusia tak pernah membuahkan hasil. Bahkan di injury time Rostov hampir membuat gol. Beruntung tendangan bebas milik Rostov berhasil ditepis dengan baik oleh Romero.

Hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan, skor tak berubah 1-0 bagi keunggulan Man United.

Susunan Pemain

MAN UNITED: Romero, Rojo, Smalling, Bailly, Blind (Jones 64’), Pogba (Fellaini 48’), Herrea, Valencia, Mkhitaryan, Mata dan Ibrahimovic.

ROSTOV: Medvedev, Navas, Kudryashov, Mevlja, Terentjev, Noboa, Prepelita (Devic 79’), Erokhin, Bayramyan (Kireev 82’), Azmoun (Bukharov 62’) dan Poloz.

Roma Tersungkur

Pada partai lainnya, AS Roma, disingkirkan Olympique Lyon dari ajang Liga Europa setelah kalah agregat (5-4) kendati berhasil menang 2-1 pada leg kedua putaran 16 besar di Stadion Olimpico, Jumat waktu Indonesia.

BACA JUGA  Pangdam I/BB dan Wakapolda Sumut Pastikan Karantina Warga Asing

Pada jalannya laga, AS Roma dikejutkan dengan gol Lyon yang cetak dari tandukan Mouctar Diakhaby usai meneruskan bola servis Mathieu Valbuena pada menit 16.

Namun pasukan Luciano Spalletti bereaksi cepat. Sebuah gol balasan tercipta satu menit setelah gol Lyon berkat umpan Daniele de Rossi yang dimaksimalkan menjadi gol oleh tendangan kaki kiri Kevin Strootman.

Edin Dzeko dan Mohamed Salah beberapa kali berusaha membongkar pertahanan Lyon, namun tidak menghasilkan gol. Babak pertama ditutup dengan skor seri 1-1.

Pada awal babak kedua, Roma mengambil inisiatif serangan dari sepakan dan tandukan Radja Nainggolan yang menerima umpan Mario Rui. Sundulan Rudiger dari umpan sepak pojok Daniele De Rossi juga tak menghasilkan gol.

Roma akhirnya unggul 2-1 lewat gol bunuh diri Lucas Tousart akibat salah mengantisipasi bola dalam situasi kemelut setelah sepak pojok pada menit 60.

Setelah itu, Roma mencoba mengurung pertahanan Lyon. Sejumlah peluang dari sepakan Kevin Strootman, Radja Nainggolan, dan Edin Dzeko beberapa kali menghujam pertahanan Lyon.

Stephan El Shaarawy, Diego Perotti dan Francesco Totti yang memberikan tambahan tenaga di babak kedua juga tidak mampu menambah gol untuk Roma. Skor 2-1 (agregat 5-4) untuk kemenangan Lyon bertahan hingga laga usai, demikian Skysport.

Susunan pemain:

Roma: Alisson; Rudiger, Fazio, Manolas; Peres, De Rossi, Strootman, Mario Rui; Salah, Nainggolan; Dzeko
Cadangan:Szczesny, Juan Jesus, Emerson, Paredes, Perotti, Totti, El Shaarawy

Lyon: Lopes; Jallet, Mammana, Diakhaby, Morel; Tousart, Gonalons; Cornet, Tolisso, Valbuena; Lacazette
Cadangan: Gorgelin, Yanga-Mbiwa, Rafael, Darder, Ferri, Ghezzal, Fekir. (devara/rizky/SCTV)