Beranda BERITA UTAMA Masyarakat Tiga Kabupaten di Sumut Surati Kapolri soal Mapolres Tapsel

Masyarakat Tiga Kabupaten di Sumut Surati Kapolri soal Mapolres Tapsel

BERBAGI

Polres Tapanuli Selatan yang sudah selesai dibangun dan siap ditempati (Foto Ist)

JAKARTA, kabarpolisi.com – Masyarakat yang berada di tiga kabupaten di Sumatera Utara (Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Tapanuli Selatan) menyurati Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian.

Dalam surat yang diterima redaksi kabarpolisi.com itu, tokoh masyarakat ini memohon kepada Kapolri agar markas Polres Tapanuli Selatan yang kini berada di Kota Padangsidimpuan dipindahkan ke Kabupaten Padang Lawas tempat bangunan Polres itu kini berdiri.

Berikut kami tampilkan utuh surat yang juga ditembuskan kepada Presiden Republik Indonesia dan Komisi III DPR RI tersebut :

Kepada Yth :
Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia
Bapak Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian
Di
JAKARTA

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Dengan Hormat
Salam hormat kami kepada Bapak Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dan
jajaran senantiasa dalam Lindungan Tuhan yang maha Esa (Allah SWT). Semoga sukses dalam menjalankan tugas-tugas Kenegaraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Amien.

Perkenankan kami atas nama yang mewakili masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Padang Lawas dan Kabupaten Tapanuli Selatan wilayah Kepolisian Daerah Sumatera Utara, menyampaikan curahan hati kami kepada Bapak Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) operasional Polres yang mewakili tiga kabupaten yang tersebut di atas dibawah koordinasi Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

Curahan hati kami adalah perihal telah terbangunnya Kantor Polres dari Tiga kabupaten tersebut di atas, yang terletak di Kabupaten Padang Lawas seluas 5 Ha dengan menelan biaya yang mencapai Rp 5,7 milliar dibangun pada tahun 2014.

Yang menjadi perhatian bagi kami, sebagai masyarakat dan tokoh masyarakat
sampai sekarang kantor Polres tersebut belum juga ditempati.

Sehingga akses masyarakat untuk mendapat pelayanan masih sangat jauh dari harapan dan harus ke Kota Padangsidimpuan. Kasihani kami sebagai masyarakat dari tiga kabupaten tersebut.

Sehingga menjadi perhatian Bapak Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, masyarakat harus menambah penderitaannya ketika harus ke Kota Padangsidimpuan untuk meminta perlindungan, pelayanan dan juga untuk mendapat pelayanan SIM dan STNK.

Apalagi menjelang Pilkada Serentak di tahun 2018 yang sangat rawan ketertiban masyarakat menjadi perhatian khusus bagi kami, sehingga Kantor Polres tersebut sebaiknya dapat dipergunakan.

Juga selama ini, peredaran Narkoba begitu sangat massif dikalangan muda yang mengancam masa depan generasi muda di tiga kabupaten diatas. Sehingga penanganan Polres tidak maksimal akibat jauhnya Operasional wilayah yang ditempuh.

Salah satu tokoh masyarakat Kabupaten Padanglawas Utara Bapak Wildan Siregar banyak mendapatkan laporan dari masyarakat tentang peredaran Narkoba dan pencurian ternak serta pencurian kendaraan bermotor betul-betul tidak tertangani akibat luas dan jauhnya kantor Polres tiga Kabupaten di kota Padangsidimpuan.

Besar harapan atas curahan hati kami ini, agar Bapak Kepala Kepolisian Negara
Republik Indonesia dapat merespon sedini mungkin, sehingga masyarakat benar-benar mendapat kenyamanan dan pelayanan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Padanglawas, 12 Desember 2017

Hormat Kami

1 Wildan Siregar
(Tokoh Masyarakat Kabupaten Padanglawas Utara/Independen)

2. Ali Zubeir Hasibuan
(Ketua umum Padanglawas Center)

3. Nondang Suryani (Ketua Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba dan
Anarkis (GEPENTA Padanglawas Utara)

4. Timbul Pulungan (Ketua Warta KPK Padanglawas Utara)

5. Guntur Siregar (Sekretaris Jenderal Ormas Projo (Pro Jokowi)

6. Alim Ritonga (Gerakan Mahasiswa Padanglawas Utara)

7. Muhammad Ali Ginda Hasibuan (Ketua Lingkar Study Mahasiswa
Padanglawas)

8. Ridwan Dalimunte (Keluarga Mahasiswa Sumatra Utara)

9. Rudi Alwi Harahap (Tokoh Pemuda Halongonan Timur)

Akan Dipindahkan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Polisi Paulus Waterpauw yang dihubungi kabarpolisi.com beberapa hari lalu di Jakarta mengatakan, pihaknya akan segera memindahkan markas Polres Tapanuli Selatan jika sudah ada surat dari Mabes Polri.

“Pemindahan markas Polres Tapsel dari Kota Padangsidimpuan ke Kabupaten Padang Lawas itu wewenang Mabes Polri,” kata orang nomor satu di Polda Sumatera Utara itu.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Polisi Rina Sari Ginting dalam pesan WhatsApp ke Redaksi kabarpolisi.com mengatakan, lokasi Kantor Polres Tapsel memang saat ini masih berada di wilayah Polresta Padangsidempuan.

“Oleh sebab itu Polda Sumut sudah merencanakan pemindahan kantor Polres Tapsel ke lokasi yg berada di wilayah hukum Polres Tapsel, guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” kata perwira menengah yang dikenal akrab dengan awak media ini.

Siap Ditempati

Polres Tapsel yang baru sudah dibangun oleh Pemda di Kabupaten Padang Lawas seluas 5 hektar, dengan menelan biaya 5,7 M dan saat ini bangunan tersebut sudah siap pakai.

Polres Tapanuli Selatan dibangun tahun 2014 dimana peletakan batu pertama dilakukan oleh kapolda Sumut saat itu, Irjen Pol Eko Hadi dan sekarang sudah siap untuk di tempati.

Diketahui, Polres Tapanuli Selatan meliputi Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Padanglawas, dan Kabupaten Padanglawas Utara.

Erianto Bachtiar

BACA JUGA  Ini Langkah yang Dilakukan Polri untuk Memburu Joseph Paul Zhang