Beranda BERITA UTAMA Menhan Prabowo Minta Segera Ungkap Sosok Mr M yang Diduga Mafia Alutsista

Menhan Prabowo Minta Segera Ungkap Sosok Mr M yang Diduga Mafia Alutsista

BERBAGI

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (20/1/2020). Bisnis

JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyarankan pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie untuk mengungkap sosok Mr. M yang disebut sebagai mafia alutsista.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa Prabowo sangat berterima kasih apabila Connie membuka tabir sosok yang dimaksud sebagai Mr. M tersebut.

Dalam beberapa kesempatan wawancara, Connie diketahui mengumbar nama Mr M sebagai mafia dalam transaksi alutsista. Akan tetapi dia enggan mengungkapkan identitas asli sosok tersebut. Sebab itu, Kemenhan meminta Connie membuka saja orang yang dimaksud.

“Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat berterimakasih bila Bu Connie menyebutkan dan membuka saja siapa Mafia yang dia sebut berinisial Mister M,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021) malam.

Dia menuturkan bahwa Connie juga dapat melaporkan tindakan sosok Mr M ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun kepolisian. Langkah ini untuk menghindari rumor dan fitnah.

Connie lanjut Dahnil juga menyebut adanya industri pertahanan bayangan hingga adanya sosok Jenderal yang ikut ‘bermain’ dalam transaksi alutsista.

“Kasihan banyak jenderal yang baik-baik di Kemhan dan TNI yang menginginkan perubahan mendasar dan menguatkan pertahanan RI menjadi lebih baik namun menjadi korban tuduhan dan rumor yang disampaikan oleh Bu Connie,” tuturnya.

Menurut Dahnil, Connie mesti jujur dalam menyampaikan pernyataan terlebih dia merupakan seorang akademisi. Upaya ini untuk menghindari fitnah terhadap kabar yang beredar.

Dahnil meminta Connie menyebut mafia-mafia yang dimaksud. Apalagi kata dia, Menhan Prabowo mendukung agar ditindak secara hukum. Mantan Danjen Kopassus itu juga telah mewanti-wanti pejabat di bawahnya agar tidak bermain-main dalam upaya modernisasi alutsista.

BACA JUGA  Kapolri Terbitkan Telegram Perintah Berangus Premanisme

“Karena ini terkait dengan eksistensi Indonesia sebagai bangsa, kewibawaan Indonesia sebagai negara. Beliau ingin semua upaya modernisasi alutsista dilakukan dengan akuntabel dengan tetap menjaga kepentingan nasional,” ujarnya.

Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardani, menilai mafia bisnis dalam pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) bukan hal baru. Mafia itu disebut ‘Mr M’.

“Saya rasa fenomena ‘Mr M’ ini sudah lama ada,” kata Jales dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk ‘Terungkap! Selain Mister M, Ada Industri Pertahanan Bayangan’, Minggu, 9 Mei 2021.

Jales mengatakan sosok mafia itu harus diberantas dan menjadi perhatian semua pihak. Dengan begitu, pengadaan sistem pertahanan nasional tak disusupi biaya yang tak semestinya.

“Tidak dibebani dengan biaya tambahan yang tidak perlu. Karena dengan mafia-mafia semacam ini kan juga berkorelasi kepada cost,” ujar Jales.

Baca: Komisi I Didorong Panggil Menhan Evaluasi Alutsista

Menurut Jales, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menaruh perhatian khusus terhadap mafia bisnis semacam itu. Hal itu dinyatakan implisit dalam rapat terbatas (ratas) terkait alutsista.

Kepala Negara mendorong ‘bersih-bersih’ mafia alutsista. Arah kebijakan ini juga berkaca pada tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402 beberapa waktu lalu.

“Ini harus digunakan untuk momentum menetapkan kembali strategi dan paket toleransi nol atau zero toleransi alutsista semua matra (TNI),” ucap Jales.

Sosok ‘Mr M’ diutarakan pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id pada Minggu, 25 April 2021. Sosok itu dinilai punya pengaruh terhadap sistem persenjataan prajurit TNI.

Source : Metrosidik.co.id/ MI