Beranda UTAMA Menteri PUPR, Pemulihan Jalan Putus Padang-Bukittinggi Dilakukan Tiga Tahap

Menteri PUPR, Pemulihan Jalan Putus Padang-Bukittinggi Dilakukan Tiga Tahap

BERBAGI

Foto by Twitter @KemenPU

PARIAMAN, kabarpolisi.com – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pemulihan lalu lintas pada ruas jalan Padang – Bukit Tinggi yang terputus akibat ambruknya Jembatan Batang Kula di Padang Pariaman, Sumatera Barat pada Senin (10/12) akan dilakukan secara 3 tahap.

Dilansir dari Twitter resmi @KemenPU, Jumat (14/13/2018), disebutkan, tahap pertama, pembangunan jembatan sementara ditargetkan fungsional satu jalur pada Sabtu, (15/12/2018).

“Meski hanya bisa dilalui satu jalur, namun kehadiran jembatan sementara sangat penting karena jalur utama angkutan logistik dan manusia dapat dipulihkan kembali,” katanya.

Tahap kedua, Setelah jembatan sementara selesai, akan dibangun jembatan bailey disamping jembatan sementara yang akan dimulai Senin (17/12) dan ditargetkan selesai dalam waktu tujuh hari.

Sedangkan tahap ketiga, jembatan bailey digunakan untuk kedua arah, lalu jembatan sementara akan dibongkar dan diganti dengan jembatan permanen yang akan dimulai pada pertengahan Januari 2019 dan ditargetkan rampung dalam waktu 6 bulan.

Dan menyangkut upaya pencegahan dan terjadinya gerusan air pada struktur bawah jembatan secara paralel saat ini juga tengah mengerjakan bangunan pengarah arus Sungai Batang Kula.

Saat berkunjung ke Sumbar, Menteri PUPR Basuki juga mengunjungi jembatan lain yang rusak karena banjir, jembatan Batang mangor yang rencananya perbaikannya akan dilakukan secara gotong royong antara KemenPUPR dan Pemda. (jen)