BERBAGI

Jakarta, kabarpolisi.com – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengeluarkan surat telegram mutasi jabatan Polri di tingkat Kapolda, Senin (3/2) malam.

Dalam surat tersebut, terdapat 8 Polda yang mengalami pergantian kepemimpinan.

Surat mutasi tersebut tertuang dengan nomor ST/385/II/KEP/2020. Dalam surat tersebut, 8 Kapolda yang diganti yakni Kapolda Aceh, Kapolda Kalimantan Bar, Kapolda Sulawesi Utara, Kapolda Sulawesi Barat, Kapolda Jambi, Kapolda Gorontalo, Kapolda Maluku Utara, dan Kapolda Maluku.

Menurut AsSDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri, mutasi ini merupakan hal yang wajar di kepolisian. Hal itu sebagai bentuk regenerasi organisasi.

“Betul, sebagai hal yang wajar,” kata Eko kepada kumparan, Senin (3/2).

Berikut 8 Kapolda yang mengalami pergantian:

Kapolda Kalbar Irjen Polisi Remigius Sigid

Kapolda Sulut Irjen Polisi Royke Lumowa

Kapolda Maluku Irjen Polisi Baharudin Djafar

Kapolda Sulbar Brigjen Polisi Budi Sampurno

Kapolda Jambi Irjen Polisi Firman Santyabudi

Kapolda Aceh Brigjen Polisi Wahyu Widada

Kapolda Gorontalo Brigjen Polisi Adnas

Kapolda Malut Brigjen Polisi Rikwanto

Dalam surat telegram tersebut tercatat Kadivhubinter Polri Irjen Pol H.S. Maltha dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Posisi yang ditinggalkan Maltha akan diisi oleh Brigjen Pol Napoleon Bonaparte yang sebelumnya menjabat sebagai NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri.

Sejumlah kapolda yang mengalami pergeseran jabatan di antaranya Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri.

Posisi Kapolda Kalbar yang kosong diisi oleh Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulut.

Kapolri menunjuk Irjen Pol Royke Lumowa yang sebelumnya merupakan Kapolda Maluku untuk menempati kursi Kapolda Sulut. Kemudian Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharudin Djafar diangkat untuk menempati jabatan yang ditinggalkan Royke.

BACA JUGA  Pesan Kapolri kepada Bhayangkara FC ; Jangan Jadi Tim Kaleng-kaleng

Kapolda Aceh Irjen Pol Rio Septianda Djambak dimutasi menjadi Kepala Sespim Lemdiklat Polri. Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Rikwanto diangkat sebagai Kapolda Malut.

Di lingkup Bareskrim Polri, Kapolri Idham juga merotasi jajarannya di antaranya Direktur Tipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto ditugaskan di Badan Narkotika Nasional.

Posisi yang ditinggalkan Eko selanjutnya diisi oleh Kombes Pol Krisno Halomoan Siregar yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tipid Narkoba Bareskrim.

Surat TR tersebut ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Heri mewakili Kapolri.

(BT)