BERBAGI

Irjen Polisi Aris Budiman

Jakarta, kabarpolisi.com – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menunjuk Irjen Aris Budiman sebagai Kapolda Kepolisian Riau (Kepri) menggantikan Irjen Andap Budhi Revianto. Promosi Irjen Aris Budiman sebagai Kapolda Kepri bersamaan dengan mutasi 271 perwira tinggi dan menengah pada Korps Bhayangkara.

Dalam telegram Kapolri bernomor ST/1378/KEP/2020, Jumat (1/5) yang ditandatangani Wakapolri Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono, terdapat 271 perwira tinggi dan menengah yang bergeser jabatan. Sementara itu, Irjen Andap Budhi Revianto akan menempati jabatan barunya sebagai Irjen Kemenkumham berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia no: 772/TPA Tahun 2020.

Saat masih berpangkat Brigjen, Irjen Aris Budiman pernah menjabat sebagai Direktur Penyidikan KPK. Aris kemudian ditarik ke Mabes Polri. Kini Aris dipromosikan jadi Kapolda Kepri.

Dalam surat tersebut tertuang jabatan Kapolda Jawa Tengah (Jateng) akan ditinggalkan Irjen Rycko Amelza Dahniel. Dia dipromosikan pada job bintang tiga yaitu Kabaintelkam Polri, menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang ditunjuk sebagai Irwasum Polri.

Jabatan Kapolda Jateng akan diisi oleh Brigjen Ahmad Lutfhi yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Jateng. Tekait jabatan Irwasum, Komjen Moechgiyarto dimutasi menjadi Anjak Utama Baharkam Polri.

Kemudian jabatan Kapolda Jawa Timur (Jatim) akan ditinggalkan Irjen Luki Hermawan. Dia dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri, menggantikan Irjen Boy Rafli Amar yang mendapat promosi job bintang tiga menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

Jabatan Kapolda Jatim akan diisi oleh Irjen Fadil Imran yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Terkait jabatan Kepala BNPT, Komjen Suhardi Alius dimutasi sebagai Anjak Utama Bareskrim Polri.

Sementara itu jabatan Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) akan ditinggalkan Irjen Priyo Widyanto. Dia ditunjuk menggantikan jabatan Staf Ahli Kapolri bidang Sosial Budaya. Jabatan Kapolda Sumsel akan diisi oleh Irjen Eko Indra Heri, yang saat ini menjabat sebagai Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM).

BACA JUGA  NEW Normal, TNI POLRI Kerahkan Personil ke 4 Propinsi

Sementara itu Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol M. Iqbal hari ini resmi dipromosikan sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan akan meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kadiv Humas Polri. Dia diketahui bukan orang baru dalam bidang kehumasan di Polri.

Sejak meninggalkan jabatan sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara pada 2012, karir Iqbal banyak berlangsung di bidang kehumasan. Misalnya Kabid Humas Polda Metro Jaya (2015), Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri (2017), dan Kadiv Humas Polri sejak 2018 hingga sekarang.

Kepangkatan Iqbal sebagai Perwira Tinggi (Pati) pun seluruhnya didapat ketika berkarir di humas. Mulai dari Jenderal bintang satu, hingga sekarang sudah ada 2 bintang di pundaknya.

Selain Iqbal, adapula pati lainnya yang sukses di Divisi Humas. Yakni Brigjen Pol Argo Yuwono. Karir kehumasannya diawali pada 2015 ketika menjadi Kabid Humas Polda Jawa Timur. Setahun berselang dia dipindah ke Polda Metro Jaya dalam jabatan yang sama.

Kemudian pada 2019 lalu, dia pecah pangkat menjadi Brigadir Jenderal saat promosi sebagai Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri. Hari ini dia kembali mendapat promosi menggantikan Iqbal selaku atasan tertinggi di Divisi Humas. Secara otomatis pangkatnya akan bertambah menjadi Inspektur Jenderal.

Satu nama lain yang terbilang sukses di Divisi Humas Polri yakni Brigjen Polisi Dedi Prasetyo. Dia merupakan pendahulu Argo di Karopenmas. Tepat hari ini pula, dia mendapat promosi sebagai Kapolda Kalimantan Tengah. Sama dengan Argo, kepangkatan Dedi pun akan menjadi Inspektur Jenderal.

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan perombakan besar-besar distruktur internal Polri. Total ada 47 polisi berpangkat Jenderal dan ratusan Perwira Menengah (Pamen) yang mendapat promosi jabatan baru.

BACA JUGA  NEW Normal, TNI POLRI Kerahkan Personil ke 4 Propinsi

“Mutasi adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi, dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Polisi Argo Yuwono (BT)