Beranda BERITA UTAMA Najib Tumbang, Pelantikan Mahathir Muhammad Ditunda

Najib Tumbang, Pelantikan Mahathir Muhammad Ditunda

BERBAGI

Mahathir Mohamad menangkan pemilu Malaysia. (Foto:REUTERS/Lai Seng Sin)

KUALA LUMPUR, kabarpolisi.com – Setelah berhasil memenangkan Pemilu Raya Malaysia, pelantikan Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri yang sedianya dilakukan Kamis (10/5) ditunda.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Mahathir awalnya diberitakan akan dilakukan sekitar pukul 09.00. Namun menurut juru bicara Istana Sultan Malaysia yang dikutip Reuters acara tersebut tidak ada dalam jadwal hari ini.

Mahathir dengan koalisinya Pakatan Harapan memenangkan pemilu pada Rabu (9/5), untuk pertama kalinya membuat Barisan Nasional (BN) takluk.

Tidak disebutkan alasan mengapa pelantikan Mahathir ditunda. Sebelumnya dalam pidato kemenangannya, Mahathir mengatakan Sultan akan mengambil sumpahnya sebagai PM di istana Kuala Lumpur pada Kamis.

Juru bicara Mahathir kepada Reuters juga mengaku belum mendengar kabar dari istana soal hari pelantikan. Mahathir, kata dia, juga belum ada rencana ke istana.

Kubu Mahathir memenangkan 113 dari 222 kursi di parlemen. Sementara koalisi BN pimpinan petahana Najib Razak hanya mendapatkan 79 kursi. (Devara)

BACA JUGA  Sumpah Pemuda, Kapolri Serukan Bersatu Lawan Covid-19