Beranda BERITA UTAMA Orang Papua Pertama Penyandang Bintang Tiga, Paulus Waterpauw Jabat Kabaintelkam Polri

Orang Papua Pertama Penyandang Bintang Tiga, Paulus Waterpauw Jabat Kabaintelkam Polri

BERBAGI

Paulus Waterpauw

JAYAPURA – Acara tradisi serah terima jabatan kapolda Papua berlangsung penuh haru. Komjen Paulus Waterpauw menyerahkan jabatan kepada penggantinya, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri. Upacara sertijab digelar di depan Mapolda Papua, Senin (8/3/2021).

Komjen Paulus Waterpauw menyampaikan sambutan kepada sekitar 200 personel Polri dan PNS di jajaran Polda Papua. Komjen Paulus Waterpauw merupakan satu satunya Anak Asli Papua yang berhasil memperoleh bintang tiga di jajaran Polri.

Nada berat menyiratkan keharuan mendalam terisak saat Paulus Wateepauw menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota dan PNS. “Ucapan terimakasih saya kepada seluruh personil dan semua tokoh yang selama ini telah sama- sama bekerjasama menyelesaiakan semua masalah di Papua,” kata Waterpauw.

“Saya optimis Polda Papua di bawah pimpinan Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri akan mampu menjawab semua tantangan ke depan termasuk menjadikan Polda Papua bersih dan trasnparan,” sambungnya.

Dirinya yang diberi kepercayaan Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo sebagai Kabaintelkam Polri meminta juga dukungan dan doa untuk kesuksesan dalam mengemban kinerja.

“Saya juga mohon do’a agar tugas saya sebagai Kaba Intelkam Mabes Polri bisa berjalan dengan baik dan banyak harapan dan doa dan saya mewakili seluruh masyarakat yang ada ditanah ini dan sementara bekerja di Kepolisian dapat bakerja maksimal,” katanya.

Menurutnya, kepercayaan ini juga menjadi ajang penilaian pimpinan kepada putra putri Papua di lingkup Polri. “Apa yang saya lakukan juga untuk citra anak asli Papua yang ada di Mabes Polri. karena jika kinerja saya tidak baik maka akan menjadi penilaian tersendiri untuk anak-anak Papua, sehingga saya akan berupa maksimal atas jabatan yang diembankan kepada saya,” ucapnya.

BACA JUGA  Ini Tarif Resmi Bikin SIM Baru dan Perpanjangan

Sementara itu, Mathius D. Fakhiri mengaku bangga atas prestasi anak Papua atas pangkat Bintang Tiga oleh Komjen Pol.Paulus Waterpauw. “Saya sebagai anak asli Papua mengatakan kebanggaan saya atas perolehan bintang tiga untuk kakak Paulus Waterpauw. Semoga sebagai Kabaintel kakak bisa sukses dan diberikan kesehatan,” ucapnya.

Dia menyebut Paulus motor ‘Polisi Pi Ajar ke Sekolah”. Selain itu terobosan Komjen Pol Paulus Waterpauw untuk merubah status Polda Papua dari Tipe A menjadi A (plus) yang semoga lekas terlaksana. “Semoga sebagai Kaba Intel bapak kapokri mempercepat proses ini. Kami selalu merindukan kk di Papua,”ucapnya.

Rencananya, setelah hari ini menjalani serangkaian peosesi lepas sambut di Mapolda Papua, esok pagi Komjen Pol. Paulus Waterpauw bertolak ke Jakarta untuk berdinas di Mabes Polri.

Tata Tanur