Beranda BERITA UTAMA OTT di Disdik Sumsel, Kapolda : Saya akan Periksa Kadisdik...

OTT di Disdik Sumsel, Kapolda : Saya akan Periksa Kadisdik dan Aliran Dana

BERBAGI

Agung Budi Maryanto

PALEMBANG, kabarpolisi.com – Paska Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Kapolda Sumsel, Irjen Polisi Agung Budi Maryanto akan melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo juga kepala bidang lainnya.

“Kita akan petakan aliran dana itu sampai ke mana,” ujar jenderal Bintang dua itu kepada wartawan di Pelambang, Jum’at 21 Juli 2017.

Pegawai berinisial A akan diperiksa dan statusnya masih sebagai terperiksa dan akan ditetapkan sebagai tersangka atau tidak setelah 1×24 jam. “Alat buktinya sudah cukup,” kata Irjen Agung Budi Maryanto.

Tim Saber Pungli Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap petugas sertifikasi guru Dinas Pendidikan Sumatera Selatan di kantor Dinas di Jalan Kapten A Rivai, Palembang, Kamis, 20 Juli 2017. Pegawas Dinas Pendidikan ini diduga melakukan pungli terhadap guru yang mengurus sertifikasi.

Sementara itu, Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Prasetijo Utomo, menjelaskan timnya mendapatkan informasi bahwa beberapa guru saat mengumpulkan data tunjangan profesi guru di ruang sertifikasi harus memberikan uang kepada petugas sebagai pelicin dalam pengurusan administrasi. “Amplop itu berisi uang-uang pecahan seratus ribu,” ujarnya.

Tim Saber Pungli Polda Sumsel menyita uang 16, 5 juta. “Sejumlah barang bukti sudah diamankan, berupa amplop, laptop, handphone dan dokumen lainnya. Termasuk petugas Disdik berinisial A, staf bidang Pendidik dan Tenaga Pendidikan Disdik Sumsel,” kata Prasetijo.

Pasca terjadi OTT di salah satu ruangan yang digunakan untuk mengurus sertifikasi, kenaikan pangkat berkala, pengumpulan data penilaian guru-guru di Disdik Sumsel itu, proses sertifikasi guru ditutup sementara.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin langsung memanggil Kepala Dinas Pendidikan Widodo menyusul OTT itu. Alex menyayangkan terjadinya pungli itu.

BACA JUGA  Kepala Badan Intelijen Keamanan Komjen Paulus Waterpauw Kunjungi Mahasiswa Papua di Makassar

Sementara itu, gedung sertifikasi yang menjadi tempat pengumpulan data-data tunjangan profesi guru turut disegel Polisi. (rizal)