Beranda BERITA UTAMA Pengamat Apresiasi Mutasi yang Dilakukan Kapolri Jenderal Idham Azis

Pengamat Apresiasi Mutasi yang Dilakukan Kapolri Jenderal Idham Azis

BERBAGI

Rr. Dewinta Pringgodani SH, MH (Ist)

Jakarta, kabarpolisi.com Pengamat politik, hukum dan keamanan Rr. Dewinta Pringgodani SH MH mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melakukan mutasi terhadap sembilan Kapolda dan ratusan pamen Polri Mei 2020.

“Terjadi regenerasi. Contoh Kapolda Jawa Timur dari Irjen Luki Hermawan Akpol 1987 diserahterimakan kepada Irjen Muhammad Fadil Imran Akpol 91. Begitu juga Kapolda Jawa Tengah karena sarat prestasi diisi oleh Brigjen M. Lutfi yang non Akpol. Ini bagus,” kata Dewinta Pringgodani kepada kabarpolisi.com tadi malam.

Seperti diberitakan, Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Irwasum Polri, Kabaintelkam Polri dan 9 Kapolda. Upacara digelar di Mabes Polri pagi hari ini.

“Pagi hari ini, di hari Jumat pukul 09.00 WIB, tanggal 8 Mei 2020, tadi telah dilaksanakan serah terima jabatan PJU Mabes Polri dan 9 Kapolda yang dipimpin Bapak Kapolri, yaitu Bapak Irwasum, ada Kabaintelkam, As SDM, Kadiv Humas, Kapusdokkes, Gubernur Akpol dan Kepala STIK/PTIK,” kata Kadiv Humas Polri Brigjen Argo Yuwono lewat Youtube Tribrata TV, Jumat (8/5/2020).

Pejabat yang diambil sumpahnya antara lain ;

-Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto
-Kabaintelkam Polri Irjen Rycko Amelza Dahniel
-Kapolda Jateng Brigen Ahmad Luthfi
-Kapolda Jatim Irjen Mohammad Fadil Imran
-Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri
-As SDM Kapolri Brigjen Sutrisno Yudi Hermawan
-Kapolda Banten Irjen Viandar
-Kapolda Kepri Irjen Aris Budiman
-Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta
-Kapolda Kalteng Brigjen Dedi Prasetyo
-Kapolda Bengkulu Brigjen Teguh Sarwono
-Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal
-Kadiv Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono
-Kapusdokkes Polri Brigjen Rusdianto

Menurut Dewinta Pringgodani, terjadi regenerasi baru di tubuh Polri untuk jabatan Kapolda. Selain Jawa Timur juga ada Kapolda Kalimantan Selatan yang kini dijabat Irjen Nico Afinta Akpol 1992.

BACA JUGA  Puluhan Perkantoran dan Rumah Makan Disegel Polda Metro Jaya

Di jajaran Intelijen juga juga terjadi pergeseran dari Komjen Agung Budi Maryoto Akpol 1987 Irjen Rycko Amelza Dahniel Akpol 1988 B. Rycko sebelumnya Kapolda Jawa Tengah. Agung Budi selanjutnya menjabat Irwasum Polri.

“Begitu juga di BNPT yang sebelumnya dipimpin Komjen Suhardi Alius Akpol 1985 digantikan Irjen Boy Rafli Amar Akpol 1988. Saya pikir ini langkah yang bijak dari Kapolri Jenderal Idham Azis. Regenerasi itu perlu,” kata wanita cantik kelahiran Solo ini.

Dewi juga mengapresiasi tampilnya Irjen Aris Budiman Akpol 1988 menjadi Kapolda Kepri menggantikan Irjen Andap yang dipindahkan ke Sekjen Kementerian Hukum dan HAM. “Selama di KPK Irjen Aris Budiman juga sarat prestasi,” katanya.

“Kadiv Humas Polri Irjen M. Iqbal Akpol 1991 dipromosikan menjadi Kapolda NTB juga sangat pas dan posisi Iqbal digantikan Brigjen Argo Yuwono,” katanya.

Dewi menilai langkah mutasi ini sudah sangat tepat. Karena itu dia mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Idham Azis. (Tain)