Beranda BERITA UTAMA Pengamat Ini Jagokan Gatot dan Agus Calon Kuat Kapolri

Pengamat Ini Jagokan Gatot dan Agus Calon Kuat Kapolri

BERBAGI

Agus Johanes

JAKARTA – Pengamat Kepolisian Agus Johannes menjagokan dua jenderal bintang tiga ini jadi calon kuat Kapolri. Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono dan Kepala Baharkam Polri Komjen Agus Andrianto berpeluang sama besar untuk menjadi orang nomor satu di kepolisian Indonesia.

“Jika melihat pengalaman. Prestasi. Melihat angkatan. Saya menjagokan Komjen Gatot dan Komjen Agus sebagai calon kuat Kapolri,” kata Agus Johanes yang juga Koordinator LSM Marak (Masyarakat Anti Korupsi) ini.

Baik Gatot Eddy Pramono mau pun Agus Andrianto keduanya adalah jenderal terbaik yang saat ini dimiliki Polri. Apalagi keduanya hanya beda satu angkatan. Gatot Akpol 1988A dan Agus Andrianto alumnus Akpol 1989.

Sementara kira-kira siapa yang berpeluang jadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Agus menyebut nama mantan Kapolda Jawa Tengah Rycko Amelza Daniel yang kini Kepala Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Polri.

“Pak Komjen Rycko Amelza Daniel itu orang reserse dan Densus saya pikir lebih pas jadi kepala BNN,” kata Agus Johanes.

Nah posisi Rycko di Baintelkam Polri bisa diisi oleh mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana yang kini ditarik menjadi Koordinator Sahli Kapolri.

“Dari perwira pertama sampai perwira tinggi Pak Nana Sudjana itu berdinas di intelijen. Jadi sangat pas jika beliau diangkat jadi Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri,” ujar Agus.

Agus mengingatkan agar penunjukan Kapolri tetap berpedoman kepada angkatan. “Jangan main potong angkatan kayak dulu lagi. Terganggu regenerasi dalam Polri,” kata Agus yang dulu juga aktif di LSM Kontras itu. (Red)

BACA JUGA  Bareskrim Polri Tetapkan Ambroncius Nababan, Tersangka Rasisme