Beranda BERITA UTAMA Perintah Kapolda Metro kepada Dirlantas Ditanggapi Pengamat

Perintah Kapolda Metro kepada Dirlantas Ditanggapi Pengamat

BERBAGI

Muhammad Fadil Imran

JAKARTA – Ada kabar gembira untuk perwira jajaran Direktorat Lalu Lintas untuk mengembangkan diri di luar fungsi lalu lintas. Kabar itu disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk mencoba tantangan baru memegang jabatan kapolsek di Jakarta Raya.

Untuk mewujudkan keinginan itu, Fadil meminta agar Biro Sumber Daya Manusia (SDM) dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo melakukan asesmen kepada perwira Lantas yang dinilai layak memegang tongkat komando kapolsek.

“Pada kesempatan ini, saya perintahkan kepada Karo SDM dan kepada Dirlantas untuk melaksanakan asesmen kepada perwira Lantas yang memiliki kesempatan untuk menjadi kapolsek. Berikan ruang kepada teman-teman yang sudah memiliki kesempatan untuk berbakti kepada masyarakat di luar fungsi Lantas,” kata Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Sabtu 20 Maret 2021.

Perintah itu disampaikan Fadil Imran saat memberikan apel pengarahan fungsi Lantas dan pemberian reward serta peluncuran e-TLE mobile di Lapangan Promoter Polda Metro Jaya pagi tadi. Kegiatan ini dihadiri Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dan para pejabat utama Polda Metro Jaya.

Karena, berdasarkan data yang saya lihat, masih banyak yang belum memiliki kesempatan untuk berbakti di luar fungsi Lantas,” kata Fadil.

Mantan Kapolda Jawa Timur ini berharap, dengan adanya rotasi tersebut, personel bisa lebih mengembangkan diri dengan tantangan baru.

Jadi tolong kepada pangkat pamen ini, AKP yang sudah lama di Regident, coba dibuat asesmen untuk menjadi kapolsek, supaya bisa memberi kesempatan menjadi kapolsek. Coba di Jakpus, bagaimana mencoba tantangannya menjadi kapolsek, menjaga Ibu Kota, supaya memiliki kesempatan,” kata Fadil.

BACA JUGA  Sita 5,9 Kg Sabu, Polda Metro Jaya Gagalkan Pemesanan Sabu dari Pekanbaru

Begitu juga dengan polisi yang bertugas di fungsi reserse. Fadil meminta anggota reserse untuk lebih kreatif dan inovatif.

“Demikian juga yang di fungsi reserse, yang sudah lama di fungsi reserse kasih kesempatan khususnya di polres-polres yang memiliki tantangan dan karakteristik yang luar biasa, Anda akan menjadi tangguh, Anda akan menjadi perwira pilihan apabila Anda sering ditempa segala situasi yang penuh dengan tantangan, yang penuh dengan challenge yang bisa membangun kreatif dan inovatif dari diri Anda,” ujar Fadil.

Tantangan yang dihadapi personel dapat membangun jiwa kepemimpinan, sehingga nantinya anggota tersebut dapat memimpin sebuah organisasi yang lebih besar.

“Ini akan membangun jiwa leadership, akan membangun kemampuan teknis yang tentunya akan mematangkan Anda secara pribadi dan memajukan organisasi Polri. Di mana pun Anda bertugas, tunjukkan bahwa Anda memberikan pengabdian yang terbaik,” kata dia.

Apresiasi Kapolda

Menanggapi perintah Kapolda Metro Jaya Fadil Imran Rr. Dewinta Pringgodani SH MH pengamat hukum politik dan keamanan mengaku sangat setuju dan mendukung perintah Kapolda.

“Saya tahu betul Kapolda Metro Jaya ini pekerja keras, cerdas dan sangat peduli dengan karier bawahannya. Ini langkah yang sangat cerdas” Kata pengamat kelahiran Solo ini.

Dewi meminta seluruh jajaran Polda Metro terus mengasah diri dan berlomba-lomba mengejar prestasi. Seperti Kapolres Depok itu hebat. Tagline Depok Bermasker itu langkah paling bagus dalam mengurangi positif Corona. Apalagi saya dengar berhasil mengungkap 250 kg narkoba jenis sabu. Itu harus diganjar penghargaan, ” Kata Dewi.

“Saya apresiasi kinerja Kapolda Metro dan jajaran semoga polisi pengayom dan pelindung masyarakat itu benar-benar dirasakan oleh warga Jakarta. Saya lihat masyarakat cukup puas dengan kerja Kapolda Metro dan jajarannya, ” Dewi menutup pembicaraan.

BACA JUGA  Ditangkap, Lima Orang Pengeroyok Anggota Brimob Polri di Blok M

Mustain