Beranda BERITA UTAMA Pertemuan dengan Ketua PDIP, Ini Klarifikasi Polda Kepri

Pertemuan dengan Ketua PDIP, Ini Klarifikasi Polda Kepri

BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Kepolisian Daerah Kepulauan Riau membantah Wakapolda Kepri Brigjen Polisi Yan Fitri Halimansyah sengaja bertemu dengan Ketua DPD PDIP Kepri Suryo Respationo untuk membahas pemenangan adiknya. Adik Yan adalah calon Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah yang ikut dalam Pilkada Kepri 2018.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Saptono mengatakan pertemuan antara Yan dan Suryo di sebuah kedai kopi di Kota Tanjungpinang tidak disengaja.

“Tidak benar (pertemuan Yan dengan Suryo membahas pemenangan Lis),” ujar Saptono kepada kabarpolisi.com Minggu (24/6).

Saptono membeberkan pertemuan antara Yan dengan Suryo terjadi usai Yan mengunjungi rumah dan berziarah ke makam orang tuanya di Kota Tanjungpinang.

Usai kegiatan itu, Yan menyempatkan diri untuk makan dan minum kopi sebelum kembali ke rumah dinasnya di Batam untuk bertugas.

Pada saat tiba di lokasi, Saptono yang saat itu mendampingi Wakapolda menyebut tidak sengaja berjumpa dengan Suryo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kepri yang juga bersama rombongan.

Saat pertemuan itu terjadi, Saptono berkata Yan hanya sekadar menyapa dan bersalaman. Kedua pihak, kata dia, saling melanjutkan agendanya masing-masing.

“Ketemu namanya tempat terbuka, tempat warung kopi ya say hello dan bersalaman. Tidak ada hal-hal yang dibicarakan. Ya, sudah selesai balik Batam,” ujarnya.

Menurut Kabid Humas, Wakapolda dan Wakil Gubernur tidak mungkin membahas politik di tempat terbuka. Sebab ia menilai kawasan kedai kopi saat itu ramai dengan pengunjung yang notabene merupakan warga Tanjungpinang.

“Kalau secara logika berpikirnya itu, kan, tempat terbuka. Kalau mau ada pertemuan pasti cari tempat tertutup. Di situ banyak masyarakat dan pengunjung,” ujar Saptono.

Saptono menegaskan Polda Kepri bersikap netral dalam Pilkada serentak tahun 2018. Bahkan, ia mengklaim Yan tidak pernah menyebut nama adiknya di dalam semua kesempatan dinas.

BACA JUGA  Menhan Prabowo Minta Segera Ungkap Sosok Mr M yang Diduga Mafia Alutsista

“Beliau (Yan) sehari-hari profesional,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakapolda Kepri Brigjen Yan Fitri Halimansyah bertemu dengan Wagub Kepri, sekaligus Ketua DPD PDIP Kepri Suryo Respationo di sebuah kedai kopi di Kota Tanjungpinang.

Yan merupakan kakak dari calon wali kota Tanjungpinang nomor urut 2, yakni Lis Dharmansyah. Selaku petahana, Lis didukung sembilan partai, salah satunya oleh PDIP.

Lis yang didampingi Maya Suryanti akan bertarung dengan Syahrul-Rahma yang diusung Golkar, Gerindra, dan PKS. (Ary)