Beranda BERITA UTAMA Pesan Kapolri untuk Alumni Akpol Wira Pratama : Jangan Arogan !

Pesan Kapolri untuk Alumni Akpol Wira Pratama : Jangan Arogan !

BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Kapolri Jenderal Muhammad Tito Karnavian, dalam sebuah video testimoni mengucapkan selamat atas pelaksanaan acara reuni ke 20 yang diadakan oleh para alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun angkatan 1997 Bataliyon Wira Pratama, pada Minggu (20/01/2018).

Dalam testimoninya Kapolri menyampaikan pesan dan wejangan kepada para peserta alumni Akpol tersebut, agar melakukan pembenahan dalam hal transparansi dan pendekatan kepada masyakat.

Kapolri mengatakan saat ini dunia sudah semakin transparan dan masyarakat semakin kritis, ini akan sangat mempengaruhi lingkungan kepolisian kedepannya termasuk Polri.

Indonesia juga semakin transparan, semakin terbuka dan semakin demokratis.

Masyarakat, media dan banyak pihak mengamati kepolisian, khususnya Polri. Hal ini akan membawa perubahan dalam kultur Polri. Sebagai institusi Polri juga harus menjadi lebih terbuka, lebih transparan dan lebih siap untuk menerima kritikan dari publik.

“Untuk itu kita harus juga berubah, adik-adik Wira Pratama nanti akan menghadapi suasana yang jauh lebih berubah dibanding hari ini, apalagi disaat saya sebagai Kapolri masih berpangkat AKBP atau Kombes dimasa lalu” ujarnya.

Kapolri berpesan agar mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan-perubahan itu, lebih transparan, lebih bersih, lebih bebas dari korupsi, dan lebih melakukan pendekatan kepada masyarakat dibanding dengan cara mengedepankan kekerasan atau arogansi kewenangan.

“Kultur ini harus dirubah, dan nanti suatu saat transfer pimpinan Polri ada kepada adik-adik sekalian, entah sebagai Kapolri, Wakapolri atau pejabat utama yang menentukan kendaraan dan rumah kita, Kepolisian Republik Indonesia”ungkap Kapolri

“Saya minta dan saya titipkan kepada adik-adik sekalian mulai dari sekarang untuk menyiapkan antisipasi atas perubahan-perubahan tersebut” imbuhnya.

Diakhir testimoninya Kapolri kembali memberikan ucapan selamat kepada para Alumni yang melakukan reuni, dan berpesan agar memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa dan negara dan masyakat Indonesia. (BIT)