BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Kerusuhan yang terjadi di sejumlah daerah di Papua, seperti Wamena dan Ekspo Jayapura yang bermula dari kabar hoax hingga terjadinya aksi anarkis ini, memiliki keterlibatan dengan Benny Wenda.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).

Dedi menyatakan Benny Wenda ikut andil dalam memanaskan situasi kerusuhan yang terjadi di sejumlah tempat di Papua

“Dari awal desain ini tidak luput dari peran BW (Benny Wenda) dari ULMWP dengan underbouw-nya KNPB, untuk memanaskan situasi disana. ” ujar Dedi

Dedi mengatakan beberapa tokoh dari KNPB telah diamankan dan para pelaku provokasi massa diantaranya yaitu Aliansi Mahasiswa Papua (AMP).

“Termasuk KNPB itu langsung memiliki pemain lapangan di bawahnya AMP, AMP inilah yang digunakan untuk provokasi masyarakat dan mahasiswa,” tuturnya.

Dari peristiwa itu terdapat lebih 20 orang korban jiwa, sebanyak 17 warga sipil tewas di Wamena dan di Universitas Cendrawasih sebanyak tiga mahasiswa dan satu TNI tewas serta enam Brimob dalam keadaan kritis.(Nafi)