BERBAGI

Jakarta, kabarpolisi.com – Polri sudah membuat Indeks Potensi Kerawanan (IPK) di Pilkada Serentak 2020. Tiga provinsi dinyatakan paling rawan dalam Pilgub 2020.

“Sementara ini berdasarkan IPK sudah di-rangking. Untuk pilkada gubernur itu ada tiga, di Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Selatan, itu yang tinggi,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (31/1/2020).

Polri juga sudah menentukan wilayah dengan potensi kerawanan tinggi. Tangerang Selatan dikategorikan rawan dalam Pilwalkot.

“Pilkada bupati kerawanan tinggi, seperti Nabire, Keerom Papua, Timor Tengah Utara, Manggarai Barat, dan Sumba Barat, Tojo Una Una di Sulteng, dan Musi Rawas Utara di Sumsel,” ungkap Asep.

“Pilkada wali kota kerawanan tinggi ini ada di Tomohon dan Bitung di Sulut dan Tangsel Banten,” katanya.

Polri juga sudah menyiapkan rencana pengamanan untuk pilkada serentak itu.Sebanyak 200 ribu personel disiapkan untuk wilayah seluruh Indonesia.

“Saat ini sudah disusun kekuatan oleh Polri, kurang-lebih 200 ribu personel mengamankan di 270 wilayah tersebut,” pungkasnya.

Adil Piliang

BACA JUGA  Pesan Kapolri kepada Bhayangkara FC ; Jangan Jadi Tim Kaleng-kaleng