BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Mabes Polri memberikan penjelasan soal perusuh yang telah diamankan oleh kepolisian sejauh ini. Di antara perusuh yang ditangkap oleh kepolisian tersebut beberapa sudah dilepaskan.

“Jadi total diamankan ada 845 orang. Sebanyak 535 orang sudah dipulangkan dan masih proses pemeriksaan 310 orang,” ujar Karopenmas Mabes Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Rabu (2/10).

Massa yang paling banyak diamankan ada di Polda Metro Jaya 379 orang. Dari jumlah itu yang sudah dipulangkan sebanyak 156 orang. Kemudian saat ini yang masih dalam proses pemeriksaan jajaran Polda Metro Jaya ada 223 orang.

Selain di Polda, jajaran Polres di Jakarta juga mengamankan beberapa pelaku yang terlibat kerusuhan dalam kurun waktu sepekan terakhir ini. Polres Jakarta Utara, ujar Dedi, telah mengamankan 36 orang namun sudah dilepaskan semua.

“Dari itu semuanya dipulangkan atau diversi. Karena sebagain besar masih pelajar,” katanya.

Lalu Polres Jakarta Pusat mengamankan 63 orang dan semuanya juga sudah dipulangkan. Sementara Polres Jakarta Barat ada 170 orang ditangkap, yang mana 83 di antara mereka sudah dipulangkan.

Sisanya sebanyak 97 orang masih diproses. Sementara itu di Polres Jakarta Selatan tadinya ada 197 orang diamankan, namun semua sudah dilepaskan.

Dedi mengatakan, masih akan ada kemungkinan bahwa massa yang diamankan tersebut nanti masih ada yang akan dilepaskan.

“Tidak menutup kemungkinan apabila tidak terbukti dan pelakunya adalah anak-anak akan dilakukan diversi,” pungkasnya. (Mustain)