Beranda BERITA UTAMA Polri : Tol Trans Sumatera Siap Digunakan untuk Mudik Natal dan Tahun...

Polri : Tol Trans Sumatera Siap Digunakan untuk Mudik Natal dan Tahun Baru

BERBAGI

Jakarta, kabarpolisi.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen PolisiIstiono memastikan jalan tol Trans Sumatera sudah siap digunakan untuk perjalanan mudik natal dan tahun baru.

Namun, ada sejumlah hal yang harus disiapkan para pemudik sebelum berangkat melewati jalur tol Trans Sumatera. Satu di antaranya dengan memenuhi tangki bahan bakar kendaraannya. Sebab, perjalanan tersebut menempuh jarak kurang lebih 100 kilometer.

“Ini juga perlu menjadi perhatian kita, karena masyarakat perlu siap-siap untuk mengisi BBM yang cukup, mengisi e-tollnya dan lain-lain,” kata Istiono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Jenderal bintang dua ini mengaku, bakal berpatroli rutin di sepanjang jalur tersebut. Mengingat, sepanjang jalur tersebut tidak memiliki pintu keluar tol.

“Memacu kecepatannya juga jangan terlalu, batas kecepatan 100 kilometer per jam harus dipatuhi untuk memastikan keselamatan disini,” ucap dia.

Di sisi lain, Istiono berpendapat bahwa pelayanan jalan tol Trans Sumatera sudah cukup baik dan sudah terpenuhi standar pelayanan.

“Standar jalannya, batas jalan, lampu penerangan, kita lihat sudah cukup memadai,” ucapnya.

22 Rest Area

Menurut Irjen Istiono saat ini sudah ada 22 rest area yang berada di sepanjang jalur Tol Trans Sumatera. Rinciannya 11 rest area menuju arah Palembang dan 11 lainnya yang menuju Lampung.

“Nanti pada rest area ini akan didirikan pos pelayanan, pos pengamanan dari Lampung sampai Palembang sesuai dengan tanggung jawab wilayah dari masing-masing Polres,” katanya.

Menurutnya, dari 22 rest area sepanjang Lampung-Palembang. Hanya baru 70 persen yang dapat dimanfaatkan oleh para pemudik dan wisatawan.

“Yang sudah bisa dimanfaatkan 70 persen fungsional, memang kalau jadi di bawah 50 persen. Kita maksimalkan, yang sudah jadi persis itu ada 6, itu dari Lampung yang sudah jadi ya, yang sudah operasionalkan,” katanya.

BACA JUGA  Pesta di Tengah Pandemi, Raffi Ahmad dkk Digarap Polisi

Selain rest area, petugas juga akan membangun sejumlah posko di sepanjang jalur Trans Sumatera. “Nanti ada dari polisi dan instansi terkait, termasuk di situ ada kesehatan, alat pemadam kebakaran dan lain-lain lah. Kita siapkan di situ. Pospolnya kita laksanakan mulai tanggal 21 (Desember 2019), ini puncak arus mudik sudah harus tergelar,” katanya. (Ari)