Beranda BERITA UTAMA Presiden di Sinabung Singgahi Rumah Kopda Sigit Suryono

Presiden di Sinabung Singgahi Rumah Kopda Sigit Suryono

BERBAGI

Presiden Joko Widodo mengunjungi Markas Yonif 125/SMB di Tanah Karo, Kabupaten Karo. Presiden sempat mengunjungi rumah Kopda Sigit Suryono. Presiden bertemu dengan istri dan anak pertama dari Kopda Sigit. (Foto: Biro Pers Setpres)

KARO, kabarpolisi.com – Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan relokasi hunian tetap (Huntap) koban bencana Gunung Sinabung, di Siosar, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara pada Sabtu (14/10).

Lokasi tersebut merupakan kawasan relokasi bagi sekitar 3.331 Kepala Keluarga (KK) korban erupsi Gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu.

Dalam kunjungan itu Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi berangkat menuju Siosar dengan menggunakan helikopter.

Setibanya di tempat relokasi, Presiden melihat kawasan tersebut dengan berjalan kaki. Presiden kelahiran Solo ini menerima tawaran warga untuk foto bersama.

Usai peninjauan, Presiden menyampaikan bahwa telah selesai dibangun 370 rumah berikut lahan untuk pertanian di kawasan itu. “Tadi saya tanya juga apakah sudah bisa berproduksi, dijawab sudah. Nanam apa, nanam kentang.”

Pemerintah bertekad untuk menyelesaikan lagi rumah untuk sekitar 1.863 KK yang tersebar di 14 hamparan hingga akhir 2017. Sisanya sebanyak 1.098 rumah akan diselesaikan tahun depan.

“Karena sudah ada penetapan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengenai lokasi yang akan digunakan kita harapkan rampung,” ucap mantan wali kota Surakarta.

Singgahi Rumah Kopda Sigit Suryono

Sebelum meninggalkan Tanah Karo, Kepala Negara dan rombongan berkesempatan mengunjungi Markas Yonif 125/SMB Kabupaten Karo. Di sana, Jokowi sempat berkeliling dan melihat perumahan yang ada di markas tersebut.

Salah satu rumah yang dikunjungi adalah milik Kopda Sigit Suryono. Di sini Presiden singgah sejenak dan juga bertemu dengan istri dan anak pertama dari Kopda Sigit.

BACA JUGA  Pangdam I/BB dan Wakapolda Sumut Pastikan Karantina Warga Asing

Istri Kopda Sigit yang tengah hamil 8 bulan, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden atas kunjungan ke rumahnya. “Senang sekali dikunjungi Bapak Presiden,” ucapnya.

Sebelum memasuki helikopter, mantan gubernur DKI itu juga melihat beberapa rumah yang memerlukan perbaikan dan juga meninjau barak bintara dan tamtama remaja.

Erianto Bachtiar