Beranda BERITA UTAMA Presiden Joko Widodo Resmikan Masjid “KH Hasyim Ashari”

Presiden Joko Widodo Resmikan Masjid “KH Hasyim Ashari”

BERBAGI

JAKARTA, KABARPOLISI.COM – Presiden RI Joko Widodo akan meresmikan Masjid Raya di Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017). Waktu meresmikan Masjid yang diberi nama Masjid KH Hasyim Ashari itu Presiden Jokowi didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menggantikan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki ( Ahok) Tjahaja Purnama- Djarot Saiful Hidayat yang sedang cuti kampanye.

Sebagai tanda peresmian, Jokowi rencananya akan menandatangi sebuah prasasti dan rencananya Presiden akan melaksanakan shalat dzuhur berjemaah di masjid tersebut.

Masjid KH Hasyim Ashari dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi. Masjid itu berdekatan dengan Rusun Daan Mogot.

Masjid tersebut dibangun dengan dua lantai dan satu mezzanin dengan daya tampung hingga 12.500 jemaah.
Ide pembangunan masjid itu muncul pada Idul Adha tahun 2012. Saat itu, Joko Widodo yang masih menjabat Gubernur DKI Jakarta baru mengetahui bahwa selama ini Jakarta belum punya masjid raya yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dari arah depan, bangunan masjid itu terlihat terbuka di semua sisi, termasuk di kiri dan kanan bangunan.
Namun, untuk memasuki masjid, harus melalui tangga di depan pintu utama.

Setelah melewati beberapa anak tangga, ada satu pelataran yang cukup luas.
Dari pelataran ini, warga bisa melihat tampak bangunan dari depan lengkap dengan ornamen khas Betawi yang disematkan di beberapa bagian masjid.

Ada beberapa anak tangga biasa dan akses khusus penyandang difabel berupa lantai miring sebagai cara menuju lantai dua dari lantai satu maupun sebaliknya.
Di sisi pojok kiri dan kanan masjid, ada tangga yang cukup lebar dan tertutup oleh kaca.

BACA JUGA  Kompolnas Tanggapi KLB Demokrat, Poengky : Polda Sumut Tunjukkan Netralitas

Jika hujan jemaah masih bisa menggunakan tangga tersebut. Di bagian dalam masjid, tepatnya lantai satu, ada ruang serbaguna yang cukup besar.
Pembangunan fisik masjid tersebut dinyatakan rampung pada awal April. Namun taman di sekitar masjid masih dalam proses pengerjaan. (rizal)