Beranda BERITA UTAMA Presiden Resmikan Dua Jalan Tol di Sumut, Jokowi : Lakukan Pendekatan dengan...

Presiden Resmikan Dua Jalan Tol di Sumut, Jokowi : Lakukan Pendekatan dengan Baik

BERBAGI

Jokowi Resmikan Ruas Jalan Tol Kualanamu-Sei Rampah

MEDAN, kabarpolisi.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Medan, Jumat (13/10) sore. Presiden meresmikan dua jalan tol di Sumatera Utara (Sumut).

Yaitu jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi untuk ruas Kualanamu-Sei Rampah sepanjang sekitar 42 kilometer (km) dan tol Medan-Binjai untuk ruas Helvatia-Semayang-Binjai sepanjang 10,46 km.

Jokowi berharap, penyelesaian pembangunan tol tersebut bisa mendorong kegiatan ekonomi di Sumut semakin maju dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sumatera Utara. “Karena dengan ini mobilitas barang bisa cepat, dan murah,” katanya.

Tengku Erry Nuradi, Gubernur Sumatera Utara sementara itu mengatakan, dengan penyelesaian tol baru ini, total panjang tol di Sumatera Utara sampai saat ini sudah113 kilometer.

Panjang tol tersebut, 33 kilometer di antaranya merupakan tol lama “Selama 30 tahun kemarin Sumatera Utara hanya punya Tol Belawan – Medan- Tanjung Merawa,” katanya.

Sementara itu, 80 kilometer lainnya merupakan ruas penambahan baru. Tengku yakin dengan penambahan ruas tol tersebut, ekonomi Sumatera yang dalam dua tahun tumbuh 5%-6% bisa tumbuh lagi di atas 6%.

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan sirine oleh Presiden Jokowi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, Sekretaris Kabinat Pramono Anung, dan Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi di gerbang tol Kualanamu, Jumat.

Presiden mengatakan, peresmian yang akan dilanjutkan dengan operasional dua ruas tol itu diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat.

Jika mobilitasnya meningkat dan transportasi lebih mudah, maka harga berbagai produk yang dibutuhkan masyarakat akan lebih murah karena berkurangnya anggaran tranportasi, kata Presiden Jokowi.

Harga yang tinggi, menurut Presiden, selama ini meyebabkan Indonesia sering kalah bersaing dengan negara lain yang menawarkan harga lebih murah setelah didukung infrastruktur yang baik.

BACA JUGA  Kasat Narkoba Polresta Surabaya Terima Pin Emas dari Kapolri

Pendekatan dengan Baik

Untuk tol Medan-Binjai, ada Seksi 1 dari Tanjung Mulia menuju Sei Semayang sepanjang 3,3 kilometer yang belum dibebaskan. Sedangkan untuk ruas Kualanamu-Tebing Tinggi, ada kendala sepanjang 3,2 km, dan Seksi 7 dari Sei Rampah menuju Tebing Tinggi sepanjang 10,15 km.

Presiden meminta Kepolisian Daerah (Polda) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumut untuk ikut mendukung agar pembebasan laham di tiga seksi tersebut dapat dituntaskan.

“Lakukan pendekatan dengan baik. Ini bukan kepentingan satu dua orang, tapi untuk kepentingan rakyat,” demikian Presiden Joko Widodo.

Muhammad Nafi