BERBAGI

Menko PMK Puan Maharani berbincang
dengan raja Salman dalam penyambutan di Indonesia. (Foto Istimewa)

BOGOR, kabarpolisi.com – Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud beberapa kali menanyakan dan mencari cucu Presiden Soekarno sehingga tampak Puan Maharani dipanggil dua kali sesaat setelah upacara penyambutan di Istana Bogor, Rabu.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang berada berdekatan dengan Raja Salman ketika upacara penyambutan kenegaraan dilakukan, mengatakan beberapa kali Raja Salman menanyakan cucu Bung Karno.

“Raja Salman beberapa kali menanyakan kepada Presiden Jokowi tentang cucu Bung Karno,” kata Bey.

Saat baru tiba di Istana Kepresidenan Bogor dan disambut oleh Presiden Joko Widodo, Raja Salman menanyakan cucu Soekarno. “Mana cucu Soekarno?” Tanya Raja Salman kepada Presiden Jokowi sesuai keterangan Bey.

Tak lama, Presiden Jokowi pun memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. “Ini cucu Soekarno,” kata Presiden.

Ternyata ada yang diingat oleh Raja Salman tentang Ir. Soekarno.

“Saya ingat sekali dengan Presiden Soekarno, selalu mengatakan, ‘Saudara-saudara’. Ini yang saya ingat di sini,” ucap Raja Salman seperti disampaikan Bey.

Oleh karena itulah sebanyak dua kali, Puan Maharani tertangkap kamera tampak dipanggil oleh Raja Salman.

Puan sempat terlihat mendekat dan mengangguk-anggukan kepala saat mendengar apa yang disampaikan Raja Salman kepadanya.

Bahkan setelah Puan menjauh, ia sempat kembali dipanggil mendekat ke arah Raja Salman.

Cucu Soekarno

Puan Maharani adalah anak dari mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, yang juga cucu dari Presiden RI pertama Soekarno. Kemungkinan terkait silsilah itulah, Puan Maharani sempat berbincang kembali dengan Raja Salman.

Mantan Presiden Soekarno pernah berkunjung ke Arab Saudi pada 1963. Kala itu, Soekarno bertemu dengan Raja Arab Saud, yang merupakan Raja Arab Saudi kedua. Sedangkan Raja Salman, merupakan raja ketujuh.

Setelah menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dari Bandara Halim Perdanakusuma, Raja Salman tiba di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Kondisi cuaca yang hujan deras tampak menyambut rombongan Raja Arab Saudi itu di Kota Bogor.

Raja Salman tiba di Istana Bogor sekitar pukul 13.50 WIB. Kondisi hujan deras terjadi saat Raja Salman sampai di Istana Bogor. Tampak Presiden Jokowi dan para menteri menyambut Raja Salman dan rombongan di depan Istana Bogor.

Sementara itu, meski kondisi hujan, ribuan warga Bogor dan pelajar yang menyambut Raja Salman tetap antusias berdiri menyambut kedatangan Raja Arab Saudi itu. Kondisi hujan deras tidak menyurutkan antusias warga menyambut kedatangan tamu negara itu.

Kendati demikian, ada sebagian warga dan pelajar yang berlindung di bawah pohon dan melindungi diri dengan payung untuk menghidari hujan.

Sementara itu, beberapa pegawai kantor yang di dekat Istana Bogor memanfaatkan waktu istirahat untuk turut menyambut kunjungan Raja Arab yang terbilang bersejarah ini.

Raja Salman tiba di Bandara Halim Perdana Kusumah pada pukul 12.45 WIB. Kedatangannya langsung disambut Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat kenegaraan. (dewi)