Beranda BERITA UTAMA Ri Sol-ju, Nyonya Kim Jong-un yang Misterius

Ri Sol-ju, Nyonya Kim Jong-un yang Misterius

BERBAGI

Ri Sol-ju dan Kim Jong-un (Foto Reuters)

Pyongyang, kabarpolisi.com – Pada 2012, seorang perempuan tertangkap kamera berdiri di sisi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Spekulasi mengenai siapa gerangan wanita itu pun merebak.

Intelijen Korea Selatan menduga perempuan itu sebagai Hyon Song-wol, mantan penyanyi grup musik terkenal Korut, Pochonbo Electronic Ensemble.

Namun, pada 25 Juli 2012, media pemerintah Korea Utara mengumumkan bahwa perempuan itu adalah istri Kim Jong-un, dan menyebutnya sebagai ‘Kamrad’ Ri Sol-ju.

Sebelum jadi Nyonya Kim Jong-un, Ri Sol-Ju diketahui pernah jadi cheerleader atau pemandu sorak, yang menyemangati tim Korut dalam Asian Athletics Championships di Korea Selatan pada 2005. Ia juga salah satu penyanyi grup musik Unhasu Orchestra.

Peran Ri Sol-ju mirip istri presiden atau perdana menteri pada umumnya. Ia berdiri mendampingi sang suami dengan gaya rambut ditarik ke belakang, lalu menebar senyum sopan.

Padahal, pada masa kepemimpinan Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un, sang “dear leader” tak pernah sekali menggandeng perempuan.

Meski demikian, Ri Sol-ju berbeda dengan istri para pemimpin dunia lainnya.

Dikutip dari whimn.com.au pada Kamis (27/4/2017), sebagai seorang wanita yang menikah dengan salah satu tiran paling terkenal sedunia, tak heran kalau kehidupan Ri Sol-ju diselimuti misteri.

Siapa Ri Sol-ju?

Beberapa pihak menduga Sol-ju berasal dari suatu keluarga di kalangan elite Partai Pekerja. Sebagian pihak lain menyebut bahwa ia lahir dari keluarga biasa saja.

Setelah bersekolah di Pyongyang, Sol-ju disebut-sebut belajar musik, terutama menyanyi, di China.

Laporan ABC News pada 2005 menyebutkan Sol-ju menikmati hal yang langka bagi kebanyakan warga Korea Utara, yaitu bisa tinggal sementara di luar negeri paling mengucilkan diri tersebut.

BACA JUGA  DPR Nilai Polri Lebih Modern Dipimipin Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Ia dilaporkan bepergian ke Korea Selatan sebagai anggota tim pemandu sorak untuk Kejuaraan Atletik Asia. Di sana, ia disebutkan mengenakan topi Nike dalam pertunjukan dan bahkan menari bersama mahasiswa setempat.

Laporan lain menengarai bahwa Sol-ju pernah menjadi penyanyi atau bahkan penyanyi pop Korea Utara, walaupun laporan itu belum dipastikan.

Sejumlah video yang beredar menyebut Ri Sol-ju sebagai penyanyi grup musik Unhasu Orchestra.

Beberapa laporan lain bahkan mengatakan bahwa para petinggi berpengaruh di negeri itu menyita CD dan semua bukti keberadaan karier musiknya.

Kisah kencan tingkat tingginya dengan Kim Jong-un mulai tercium pada Juli 2012, ketika dipergoki tengah menonton konser bersama di Pyongyang.

Dalam urutan peristiwa yang seakan direka-reka secara cermat, dua hari kemudian ia dipergoki di sebelah Jong-un ketika mengunjungi mausoleum Kim Il-sung.

Seminggu sesudahnya, pasangan itu difoto sedang mengunjungi sebuah taman kanak-kanak. Gambar-gambar dari media pemerintah menunjukkan sang pemimpin tersenyum sambil memeluk anak-anak, sementara Sol-ju berdiri di latar belakang.

Ia muncul dalam beberapa bulan setelah Kim Jong-un menjabat sebagai pemimpin besar, sehingga kunjungan itu seakan menegaskan bahwa sang pemimpin memiliki seorang wanita baru dalam hidupnya.

Foto-foto itu memicu spekulasi tentang siapa sebenarnya wanita misterius tersebut. Sebelumnya, Kim Jong-un dikait-kaitkan dengan seorang penyanyi bernama Hyon Song-wol, anggota Bochonbo Electronic Music Band.

Pasangan itu dilaporkan mulai berkencan setelah berkenalan di sebuah sekolah di Swiss. Namun, hubungan romantis itu terputus setelah ada larangan dari Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un.

Hingga sekarang ada selentingan bahwa Hyong Song-wol dan Ri Sol-ju adalah orang yang sama.

Pada 2012, media pemerintah Korea Utara membenarkan bahwa Kim Jong-un dan Ri Sol-ju sebenarnya telah menikah.

BACA JUGA  Kronologi Penangkapan Viktor Yeimo Dalang Kerusuhan Papua 2019

Menurut beberapa laporan, Ri Sol-ju berusia sekitar 30-an dan pernah mengikuti pelatihan etiket selama enam bulan demi memenuhi perannya sebagai istri sang pemimpin besar.

Tak lama kemudian, Ri Sol-ju muncul secara reguler sebagai istri Kim Jong-un, yakni ketika sang pemimpin mengunjungi instalasi-instalasi militer dan menghadiri acara-acara kenegaraan pada tahun itu.

Wanita itu sering menyambangi warga dan kerap mengenakan busana dan pernak-pernik bergaya Barat, walaupun ada larangan ketat tentang pakaian sehari-hari bagi warga biasa Korea Utara.

Tahun itu juga, ia memancing kericuhan kecil ketika mengunjungi sebuah pangkalan angkatan darat.

Ia terlihat membawa tas Christian Dior senilai US$ 1.700, padahal jutaan warga Korut sedang menderita kelaparan.

Kemudian, Ri Sol-ju mendadak hilang dari pandangan publik. Selama beberapa bulan beredar selentingan tentang hal itu dan ada beberapa yang menduganya sedang hamil.

Sebagian lagi menengarai bahwa ia mungkin dimarahi para petinggi Partai Komunis, karena sikapnya terlalu santai ketika berada di antara publik.

Namun, beberapa bulan kemudian ia muncul lagi, bertepuk tangan sambil tersenyum di samping Kim Jong-un saat melakukan kunjungan-kunjungan resmi.

Selama beberapa tahun kemudian, ia difoto secara teratur sebagai ibu negara. Selama beberapa tahun, ada pertanyaan belum terjawab tentang apakah ia dan Kim Jong-un telah menjadi orangtua.

Para pengamat Korea Utara mengaku melihatnya membesar dengan pinggang melebar sebagai bukti wanita itu telah menjadi seorang ibu.

Pada 2013 ia terlihat mengenakan mantel yang lebih besar dengan rambut yang dikeriting. Media Korea Selatan menduga ia telah memiliki seorang anak.

Tahun yang sama, pemain basket Dennis Rodman mengunjungi negeri terkucil itu. Setelah kembali ke Amerika Serikat, Rodman bercerita kepada The Sun bahwa Ri Sol-ju “terus-menerus bicara tentang balita perempuan mereka.”

BACA JUGA  Razia Narkoba Kampung Ambon, Polisi Tangkap 50 Orang

Kemudian, tahun lalu ia menghilang lagi selama 8 bulan. Beberapa komentator berpendapat bahwa ia mungkin mengecewakan suaminya yang tirani dan kemudian dibunuh. Di masa lalu, Kim Jong-un membunuh pamannya sendiri.

Namun, ada juga dugaan bahwa ia berselisih dengan saudari-saudari iparnya. Pendapat lain menyebutkan bahwa ia sedang hamil lagi.

Akhirnya, pada Desember tahun lalu, ia kembali dengan tampilan rambut panjang yang digerai ke belakang dalam gaun hitam yang chic dan difoto duduk di samping Kim Jong-un ketika menyaksikan demonstrasi latihan tempur udara.

Pada Maret lalu, media pemerintah Korea Utara menerbitkan beberapa foto pasangan itu tersenyum lebar dan saling bergandeng tangan.

Yang menarik, sebagaimana halnya dengan Kate Middleton atau Michelle Obama, bagian penting yang menjadi pengaruhnya adalah dalam hal berbusana.

Kaum wanita Korea Utara disebut-sebut penasaran ingin mengikuti gaya Ri Sol-ju yang mengganti pakaian tradisional dengan rok dan busana yang lebih modern.

Kantor berita Yonhap melaporkan minggu ini tentang peningkatan impor aksesoris hingga dua kali lipat. Bahkan sekarang ada industri busana kecil-kecilan di Ibu Kota, walaupun masih terbatas di kalangan elite.

Sumber : Liputan6.com, Yonhap, ABC News