Beranda KABAR UTAMA SBY Mendaki Petilasan Pertapaan Pringgodani Gunung Lawu

SBY Mendaki Petilasan Pertapaan Pringgodani Gunung Lawu

BERBAGI

Foto Tribun Bali

KARANGANYAR, kabarpolisi.com – Di sela-sela liburan bersama keluarga dan para besan di Tawangmangu, Jateng, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri mendaki ke petilasan pertapaan Pringgodani di lereng Gunung Lawu.

Belum diketahui pasti, apa sebenarnya tujuan SBY datang ke tempat tersebut.
Kabar itu bermula dari pemilik akun Facebook Pak Lurah yang membeberkan rencana kedatangan SBY pada Sabtu (18/2) malam. Namun ternyata, kedatangan SBY gagal sore itu karena kondisi cuaca buruk.

“Untuk malam ini bapak Mantan Presiden RI Esbeye gagal ke Pringgodani dikarenakan cuaca tidak mendukung. Sebagai gantinya malam ini bapak Esbeye ke Bancelono Cemorosewu. Untuk ke Pringgonani ditunda dan dilaksanakan besok pagi pukul 09.00 WIB.

Dikutip dari Tribun Bali, info dari Danramil Tawangmangu. Sesok garasiku mesti nggo parkir poro pejabat. Haha Lebaran tenan ikih,” tulis Pak Lurah di akunnya.

Keesokan harinya, Pak Lurah kembali update rencana kedatangan SBY.
Ia mengungkapkan bahwa mantan orang nomor satu di Indonesia itu benar-benar ke Pringgodani.

Selang 20 menit, ia kembali membuat sebuah status. Dia menyebutkan pada statusnya, Ani Yudhoyono tak kuat naik Pringgodani dan memilih balik.

Sementara rombongan lain, melanjutkan perjalanan. Seperti dikutip dari karanganyarkab.go.id, Pertapaan Pringgodani merupakan petilasan Eyang Koconegoro.

Pertapaan ini memiliki kolam yang disakralkan yang disebut Sendang Pengantin.

Para peziarah akan mencuci muka dan mengucapkan salam di sendang ini.
Bangunan bermotif joglo menjadi tempat peziarah untuk memanjatkan permohonannya.

Adapun puncak ritual di Pringgodani adalah mandi di tujuh pancuran sesuai urutan, tepat pada tengah malam.
Dandim 0727/Karanganyar Letkol Czi Santy Karsa Tarigan sempat menemani sejumlah kegiatan SBY berziarah ke sejumlah makam.

“Saya hanya menemani Pak SBY dan rombongan berziarah ke makam Pak Lukminto di Delingan. Itu hari Senin kemarin,” kata Letkol Santy di sela acara Pameran UMKM yang dihadiri Ibu Iriana Jokowi di Pendopo Pemkab Karanganyar, Selasa (21/2/2017).
Namun Letkol Santy tak ikut rombongan SBY berkunjung ke petilasan Pertapaan Pringgodani.

“Kalau yang ke Pringgodani, saya nggak ikut. Berdasarkan laporan anggota, rombongan berangkat jam 9 pagi Hari Minggu, kemudian turun sore,” katanya.
Sebelumnya diberitakan, keluarga besar SBY menghabiskan akhir pekan kemarin untuk ‘ngadem’ di Tawangmangu.

SBY mengajak serta para besannya, yakni Hatta Rajasa (mertua Ibas) dan Aulia Pohan (mertua Agus Harimurti Yudhoyono).
Rombongan cukup besar tersebut tiba di Solo pada Sabtu (18/2/2017) sore menggunakan KA Argo Dwipangga.

Setiba di Stasiun Solo Balapan, rombongan langsung menuju Tawangmangu menggunakan sejumlah mobil yang sudah disiapkan. (Magek)