Beranda BERITA UTAMA Setelah Dibakar pada 2018, Polsek Ciracas Kembali Dirusak Massa

Setelah Dibakar pada 2018, Polsek Ciracas Kembali Dirusak Massa

BERBAGI

Irjen Polisi Nana Sudjana

JAKARTA – Polsek Ciracas, Jakarta Timur diserang ratusan orang tidak dikenal Sabtu (29/8/2020) dini hari. Dua unit mobil hangus terbakar dan kaca-kaca kantor Polsek hancur berantakan.

Dikutip dari siaran langsung tvOne, peristiwa terjadi sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu ratusan orang yang mengendarai sepeda motor datang secara tiba-tiba dan masuk merangsek ke kantor yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, tersebut.

Ini kejadian kedua. Pada Selasa 11 Desember 2018 saat Polda Metro Jaya dipimpin Kapolda Metro Jaya Idham Azis Polsek Ciracas dibakar dan dirusak sekelompok massa.

Kapolda Metro Jaya Idham Aziz dan waktu itu mengatakan, pengrusakan terjadi sekitar pukul 23.00 WIB hingga dini hari.

“Ada sekelompok massa yang kita belum tahu berasal dari mana,” kata Idham seperti dikutip dalam wawancara yang ditayangkan di KompasTV, Rabu (12/12/2018).

Dua Mobil Dibakar

Dan peristiwa itu terulang kembali. Namun kejadian tidak separah seperti kejadian Desember 2018. Pada dinihari tadi hanya dua mobil dibakar gerombolan massa.

Selain membakar dua mobil, pelaku juga merusak empat mobil termasuk bus yang terparkir. Terlihat juga beberapa motor yang dirusak. Penyerang yang tidak dikenal ini juga merobohkan pagar kantor.

Api yang membakar mobil berhasil dipadamkan. Pukul 05.00 WIB, kondisi sudah kondusif. Aksi orang-orang tidak dikenal itu sendiri diinformasikan berlangsung tidak terlalu lama.Tampak sejumlah TNI dan polisi berjaga di lokasi. Sejauh ini motif penyerangan belum diketahui.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Nana Sudjana meninjau langsung Kantor Kepolisian Sektor Ciracas yang baru diserang oleh gerombolan orang tak dikenal pada Sabtu dini hari 29 Agustus 2020. Selain Kapolda, terlihat juga sosok Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman di halaman parkir Polsek Ciracas.

BACA JUGA  Suksesi Kapolri : Nana, Diakah Pengganti Idham Azis?

Kapolda mengatakan, peristiwa pembakaran Mapolsek Ciracas tersebut merupakan buntut dari penganiayaan terhadap masyarakat.

“Jadi kasus ini memang ada penganiayaan terhadap masyarakat, kemudian ada perusakan-perusakan juga terhadap beberapa toko di sekitar jalan raya Bogor,” ujar Nana Sudjana di lokasi, Sabtu 29 Agustus 2020.

Nana menambahkan, perusakan dilakukan oleh massa yang tak dikenal berjumlah kurang lebih 100 orang. Massa yang sebelumnya melakukan penganiayaan terhadap masyarakat selanjutnya mendatangi Polsek Ciracas.

“Setelah melakukan penganiayaan dan perusakan, mereka kemudian rombongan kelompok ini berjalan bersama-sama mendatangi Polsek Ciracas, mereka kemudian melakukan perusakan di polsek,” tambah Nana.

Polisi saat ini sedang melakukan olah tempat kejadian perkara. Selain itu, pihak kepolisian juga sudah mengantongi rekaman CCTV di sepanjang jalan yang dilalui oleh massa tersebut.

Sebelumnya diberitakan, gerombolan orang tak dikenal tersebut menggunakan sepeda motor mendatangi kantor Kepolisian Sektor Ciracas sekitar pukul 01.45 WIB. Gerombolan orang tak dikenal tersebut bahkan melakukan pengrusakan terhadap gedung Polsek Ciracas.

Selain melakukan perusakan terhadap gedung, pelaku penyerangan bahkan membakar dua unit mobil yang sedang terparkir di dalam halaman polsek dan juga memecahkan kaca bus polisi dan merusak kendaraan di sepanjang jalan raya Bogor. (Rizal)