Beranda BERITA UTAMA Siap Pimpin Partai Golkar, Airlangga Hartarto : Golkar Harus Tetap Dukung...

Siap Pimpin Partai Golkar, Airlangga Hartarto : Golkar Harus Tetap Dukung Jokowi

BERBAGI

Airlangga Hartarto

JAKARTA, kabarpolisi.com – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan siap maju sebagai calon ketua umum DPP Partai Golkar. Komitmennya jika terpilih, Partai Golkar tetap mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden di pilpres 2019.

“Saya siap (maju) karena didukung internal dan eksternal. Komitmen saya, Golkar tetap akan mengusung Jokowi sebagai capres di pemilu 2019 nanti. Hal itu tidak akan berubah,” kata Airlangga, Koordinator bidang Perekonomian DPP Partai Golkar, kepada INDOPOS (Jawa Pos Group), Senin (27/11).

Dikatakan, kesiapannya maju sebagai calon ketum didasari atas adanya desakan dari sejumlah pimpinan DPD I dan II Partai Golkar.

“Dengan adanya aspirasi dari daerah-daerah, maka saya siap,” kata Airlangga.

Dia menyatakan optimis bisa terpilih sebagai calon Ketua Umum Partai Golkar. Terlebih sudah mengantongi izin dari Presiden Jokowi.

“Saya minta izin (kepada Presiden, red) dibolehkan untuk ikut, karena saya kan sekarang pembantu beliau, jadi saya minta izin,” ungkapnya.

Airlangga yang pernah menjadi pesaing Setya Novanto dalam Munaslub 2016 juga mengaku, sudah mendapat dukungan dari para elite serta DPD I partai berlambang pohon beringin dan sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kadin.

Ya, kalau itu saya berterima kasih kepada teman-teman di baik di internal Partai Golkar dan ekternal khususnya Kadin yang mendukung saya ikut dalam kontestasi dan menjadi ketum di Partai Golkar,” ucapnya.

Dia juga meyakini, bisa memperbaiki elektabilitas Partai Golkar yang terus menurun. Dirinya berjanji akan menaikkan lagi elektabilitas partai seperti semula bahkan akan lebih ditingkatkan lagi.

Disinggung apa jurus jitu agar janjinya itu terealisasi? Airlangga enggan mengungkapkannya. Dia hanya berujar bila hal itu akan akan dipaparkan setelah menjadi Ketua Umum Golkar. “Untuk Golkar kembali ke posisi semula, nanti kalau sudah menjadi ketum,” kilahnya.

BACA JUGA  Razia Narkoba Kampung Ambon, Polisi Tangkap 50 Orang

Menurut Airlangga, dirinya masih punya waktu untuk memperbaiki elektabilitas Partai Golkar, mengingat pemilihan legislatif akan dilaksanakan pada 2019. “Kita masih punya waktu, pemilu kan masih nanti di 2019,” tuturnya.

Dukungan terhadap Airlangga pun semakin banyak. Sejumlah elite partai dan pimpinan wilayah mulai juga menyuarakan aspirasinya.

Ketua DPP Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menilai, Airlangga Hartarto merupakan sosok yang tepat dan paling siap untuk memimpin Golkar jika munaslub digelar.

Menurut dia, untuk membawa amanat kepemimpinan Partai Golkar ke depan, diperlukan figur yang dapat mengemban visi partai.

Agus mengatakan, jika Munaslub digelar, amanat tersebut tepat diberikan kepada Koordinator Bidang Perekonomian DPP Golkar Airlangga Hartarto.

Saya yakin, apabila Munaslub digelar, tokoh partai seperti Airlangga Hartarto yang dapat menyelamatkan Partai Golkar dari salah arah dalam berpolitik selama 7 tahun terakhir ini,” kata dia, dalam keterangan tertulis.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar (PG) bidang Pengawasan Pembangunan Melchias Markus Mekeng menambahkan, dukungan terhadap Airlangga begitu besar, baik dari Internal maupun eksternal.

“Dari kiri-kanan, atas-bawah, dukungan ke pak AH sudah sangat besar. Pak AH punya punya kemampuan dan pengalaman. Dia sangat tepat pimpin Golkar,” ujar Mekeng.

Sebelumnya, pernyataan bahwa Presiden Jokowi turut mendukung Airlangga maju menjadi ketua umum Partai Golkar juga diutarakan oleh Ketua DPD I Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi.

“Airlangga Hartarto kemarin sudah bertemu presiden. Berdasarkan pembicaraan saya melalui telepon dengan Pak Pratikno menyatakan, bahwa presiden mendukung penuh Pak Airlangga Hartarto untuk maju di Munaslub,” ucap Dedi kepada wartawan. (Rizal)