BERBAGI

Bogor, kabarpolisi.com – Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengungkapkan bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa daerah pada awal tahun ini merupakan sebuah peringatan agar seluruh elemen masyarakat turut menjaga kelestarian lingkungan.

“Di awal tahun 2020 terjadi banjir dan tanah longsor. Tidak main-main menelan korban sampai ratusan dan pengungsi mencapai 400.000-an. Saya kira ini peringatan juga bagi kita,” tutur Idham di Pusat Latihan Multifungsi Mabes Polri, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat,
saat menghadiri acara Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia Jumat (10/1/2020).

Idham mengatakan, Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia sekaligus Hari Lingkungan Hidup Nasional menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran masyarakat, termasuk anggota kepolisan, dalam menjaga lingkungan.

“Ini kebetulan momentumnya hari ini adalah Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia sekaligus Hari Lingkungan Hidup Nasional sehingga bersama rekan-rekan PJU saya berpikir kenapa kita tidak ambil momen ini untuk menggugah nurani kita semua sebagai anak bangsa agar mau dengan ikhlas menanam,” kata Idham.

Dalam acara itu jenderal bintang empat itu menyempatkan untuk menanam pohon secara simbolik bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Total tanaman yang akan ditanam nantinya sebanyak 2.020 batang. (DP)