Beranda BERITA UTAMA Tiga Jenderal Polisi Antar Makalah Cakapolri Listyo

Tiga Jenderal Polisi Antar Makalah Cakapolri Listyo

BERBAGI

Jakarta – Komisi III DPR menerima makalah dari calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Makalah tersebut diantarkan oleh tiga jenderal berbintang dua, yakni Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, dan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdi Sambo.

“Kita hari ini menyerahkan naskah fit and proper test yang akan dilaksanakan. Intinya itu saja, kami datang ke sini mewakili calon kapolri,” ujar Wahyu di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (19/1).

Dia mengaku, tak bisa menjelasakan isi dan detail dari makalah Listyo. Pasalnya, itu merupakan kewenangan Listyo untuk menjelaskan dalam proses uji kelaikan dan kepatutan atau fit and proper test.

“Diumumkan fit and proper mulai jam 10 kemudian akan diberikan waktu kepada beliau untuk memberikan paparan. Dan juga kemudian ada penyampaian ke Komisi III,” ujarĀ Wahyu.

Ditanya, apakah Wahyu merupakan tim ahli dari pembuatan makalah Listyo?

Ia menjawab tidak.

“Yang mewakilkan tim naskah saja, saya bukan tim ahli,” jawabnya.

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani pun menujukkan makalah yang dibuat oleh Listyo. Tampak judul makalah adalah PRESISI yang merupakan akronim dari Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan.

Dia mengatakan, setiap fraksi di Komisi III akan mempelajari terlebih dulu isi makalah tersebut. Barulah pada proses fit and proper test besok pihaknya akan menanyakan langsung visi dan misinya sebagai Kapolri.

“Kita hanya meminta hari ini agar apa yang akan dipaparkan besok visi dan misi itu bisa disampaikan lebih dulu,” ujar Arsul.

BACA JUGA  Kasat Narkoba Polresta Surabaya Terima Pin Emas dari Kapolri