BERBAGI

MAKASSAR, Kabarpolisi.com – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, akan menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC), dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, di auditorium kampus II UIN Jl HM Yasin Limpo Samata Gowa, Kamis (25/1/2018).

Adapun gelar doktor HC yang bakal diterima pemilik sekolah islam Athirah tersebut, dalam bidang Sosiologi Agama.

Demikian yang dituliskan Humas UIN Ismi Sabaria dalam website resmi UIN Alauddin Makassar.

Ismi menerangkan bahwa pemberian gelar tersebut berdasarkan kajian UIN Alauddin terutama pada sisi akademis dan empirisnya.

Untuk pertimbangan akademis, Jusuf Kalla telah melakukan penyelesaian konflik dengan pendekatam studi perdamaian tanpa peperangan kata Ismi.

JK akan membawakan orasi ilmiah dengan judul penguatan kajian perdamaian (peace studies) perspektif agama, Ekonomi dan politik.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (25/1/2018) siang, dijadwalkan menjadi satu dari sekitar 1500-an saksi pengukuhan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Drs HM Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI) di Kampus UIN Alauddin, di Samata, Somba Opu, Gowa.

Agenda strategis Menteri Agama ini terungkap dari hasil rapat rapat persiapan penyambutan bersama KaKanwil Kemenag Sulsel Dr Abdul Wahid Thahir, M.Ag, di kantor Kemenag, Jl Nuri No 53, Makassar, Selasa (23/1/2018) siang.

“Informasi yang kami peroleh dari Jakarta, Pak Menteri akan didampingi pejabat Eselon I dan II dari Kemenag RI, seperti Dirjen Bimas Islam, Ditjen Bimas Kristen , sejumlah Direktur dan Kepala Biro, “ kata pejabat Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel Mawardy Siradj dalam siaran persnya ke Tribun.

Selain di kabinet Jokowi-JK, hubungan putra mendiang menteri agama ke-10 RI (Saifuddin Zuhri 1962-1968) ini juga baru saja ditetapkan sebagai salah satu pengurus teras Dewan Masjid Indonesia (DMI) dimana Jusuf Kalla menjadi Ketua Umum.(Nafi)