Beranda BERITA UTAMA Warganya “Disandera” Korea Utara, Malaysia Membalas

Warganya “Disandera” Korea Utara, Malaysia Membalas

BERBAGI

Presiden Korea Utara Kim Jong Un (kiri). Kim Jong Nam, saudara tiri Presiden Korea Utara yang terbunuh di Malaysia (Foto Reuters)

JAKARTA, KABARPOLISI.com – Paska kematiam Kim Jong Nam, saudara tiri Presiden Korea Utara, Kim Jong Un di Kuala Lumpur, hubungan Malaysia – Korut memanas. Saling usir duta besar pun tak terelakkan.

Korea Utara (Korut) membalas perbuatan Malaysia yang mengusir Duta Besar Kang Chol dari Kuala Lumpur. Korut juga mengusir Duta Besar Mohamad Nizam Mohamed dari Pyongyang.

Tindakan tersebut tidak hanya sampai di situ. Korut seakan “menyandera” warga Malaysia yang berada di sana dengan melarang mereka keluar dari teritorial Korut.

Mengetahui hal itu, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak yang tengah berada di Jakarta langsung menyerukan Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan rapat darurat.

“Saya meminta rapat darurat Dewan Keamanan PBB. Saya juga menginstruksikan Inspektur Jenderal Khalid Abu Bakar untuk mencegah seluruh warga Korut yang akan meninggalkan Malaysia hingga kami yakin ada jaminan keselamatan dan keamanan warga kami di Korut,” isi keterangan pers yang diterima media, Selasa (7/3/2017).

“Kami berharap ada resolusi yang cepat. Saya meminta pemimpin Korut untuk segera mengizinkan warga negara kami untuk segera pergi demi menghindari eskalasi lebih lanjut,” tutup PM Najib. (bit).