BERBAGI

MASKER – Kapolres Sawahlunto AKPB Junaidi Nur, SIK, SH sedang membagikan masker kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan Kapolres guna menindaklanjuti imbauan presiden agar masyarakat wajib memakai masker guna memutus mata rantai Covid -19. (foto : Indra Josef)

Sawahlunto, kabarpolisi.com- Kampanye wajib penggunaan masker saat keluar rumah yang didengungkan Presiden Joko Widodo setelah direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mulai mendapat perhatian serius Kepolisian Resor Sawahlunto, Sumatera Barat, dengan membagikan masker kepada masyarakat yang melewati jalan utama Desa Santur, Kecamatan Barangin, Rabu (8/4) pagi.

Pembagian masker itu langsung dilakukan Kapolres AKBP Junaidi Nur,SH,SIK, disertai Kasat Lantas Iptu Dani Salman,SH,MH dan sejumlah perwiraserta anggota lainnya dalam kegiatan Operasi Keselamatan Singgalang 2020 yang berlangsung selama 14 hari kedepan dari 6-19 April 2020.

Dari pantauan kabarpolisi.com, terlihat pembagian masker itu dilakukan secara langsung oleh Kapolres Junaidi Nur. Hal ini mendapat respon positif masyarakat yang lewat dan mendapatkan masker tersebut.

“Saya senang, ternyata Pak Kapolresnya langsung yang membagikan masker. Jarang ada yang seperti ini, Alhamdulilah, semoga perbuatan simpatik ini mendapatkan pahala yang besar dari Allah Subhanahuwataala.” ungkap seorang warga yang mengaku bernama Fachrul Bagindo, saat melewati lokasi pembagian masker.

Kapolres Junaidi Nur, didampingi Kasat Lantas Iptu Dani Salman dan Humas Polres Iptu Bunial mengemukakan, ada sekitar 500 lembar masker yang dibagikan dalam acara pagi tadi (8/4). Pembagian diberikan secara merata bagi setiap warga yang melewati lokasi pembagian masker di Desa Santur.

Dikatakan Junaidi Nur, langkah yang dilakukannya sangat berkaitan dengan pertnyataan Presiden RI Joko Widodo saat di istana  Bogor (6/4) lalu, yang meminta seluruh jajaran untuk memastikan ketersediaan masker bagi masyarakat. “Saya minta masker ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena semua warga keluar rumah wajib pakai masker,” ujar Jokowi, sebagaimana di kutip dari siaran sebuah televisi swasta nasional.

BACA JUGA  Polres Tomohon Kerahkan Personil Tekan Kriminalitas

Selain itu juga bagian dari instruksi Kapolri Idham Aziz, agar seluruh jajaran Kepolisian RI harus mengikuti standar prosedur protokol kesehatan Pemerintah. Atas semua itu, semua masyarakat termasuk anggota Kepolisian Resor Sawahlunto wajib menggunakan masker saat keluar rumah.

“Kami tak pernah bosan untuk menyampaikan himbauan agar masyarakat wajib menggunakan masker saat keluar rumah. Namun kita bisa memahami, kan banyak juga warga yang tak memiliki masker, maka kami bantu sesuai stok yang tersedia.” tutur dia.

Selain masker, untuk menindaklanjuti maklumat Kapolri. Kapolres JUnaidi Nur minta perhatian warga agar tidak melakukan kumpul-kumpul dan kegiatan yang melibatkan orang banyak untuk menghindari merebaknya penyebaran corona virus covid-19 di Kota Sawahlunto. “Tolong patuhi imbauan Pemerintah, dan kami akan terus berpatroli siang dan malam sehingga kota ini tetap dalam kondisi aman dan kondusif.” tukuknya. (Id)