Beranda DAERAH Dir Binmas Polda Sumbar Perintahkan Polres Bentuk Kelompok Sadar Hukum

Dir Binmas Polda Sumbar Perintahkan Polres Bentuk Kelompok Sadar Hukum

BERBAGI

BINMAS – Dir Binmas Polda Sumbar Kombes Pol Drs Johni Soeroto didampingi Kapolres AKBP Apri Wibowo,SIK menyampaikan amanat didepan Personil Sat Binmas se Polres Padang Panjang, Kamis (24/6). (Foto : Humas Res PP)

Padang Panjang, Kabarpoliisi.com – Direktur Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Johni Soeroto berkunjung ke Polres Padang Panjang sekaligus menugaskan pembentukan Kelompok Sadar Hukum (Darkum) sampai ke tingkat kelurahan, Kamis (24/6).

Kedatangan Kombes Johni Soeroto yang didampingi Kasubdit Binpolmas Kompol Alfristan beserta anggota dan Pok Darkum Kamtibmas Propinsi Sumatera Barat, disambut Kapolres AKBP Apri Wibowo,SIK dan PJU Polres Padang Panjang.

Sebelum melanjutkan pertemuan dengan jajaran Polres dan Polsek, Kombes Johni Soeroto sempat istirahat sebentar di ruangan kerja Kapolres.

Setelah itu dilanjutkan dengan pertemuan bersama jajaran Polres dan Polsek se Polres Padang Panjang. Dalam kesempatan itu Dir Binmas menekankan pentingnya peranan Kelompok Sadar Hukum Kamtibmas dalam tugas kepolisian.

“Terkait dengan tugas pokok Binmas ini, saya meminta untuk segera membentuk Kelompok Sadar Hukum mulai dari tingkat kota, kecamatan, nagari dan kelurahan,” kata Kombes Johni Soeroto.

Menurut Dir Binmas, keberadaan Pok Darkum itu sangat penting dalam membantu tugas kepolisian, terutama para Bhabinkamtibmas, dalam membina masyarakat.

Berbicara di depan personil Sat Binmas, kanit Binmas Polsek dan Bhabinkamtibmas sejajaran Polres Padang Panjang, Dir Binmas Polda Sumbar memberikan penekanan tentang tugas-tugas Bhabinkamtibmas di lapangan, karena Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri dalam memberikan pelayanan.

Sesuai Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015, jelasnya, tugas Pokok Bhabinkamtibmas adalah melakukan kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya, melakukan dan membantu pemecahan masalah, melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat dan menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana.

BACA JUGA  Kapolda Malut Pimpin Penyambutan Brimob Nusantara BKO Polda Papua

(awe)