Beranda DAERAH Hari Bhayangkara di Polres Padang Panjang : Penghargaan, Tali Asih dan Kenaikan...

Hari Bhayangkara di Polres Padang Panjang : Penghargaan, Tali Asih dan Kenaikan Pangkat

BERBAGI

TALIASIH – Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo menyerahkan paket sebagai tanda tali asih dengan wartawan peliput di Polres Padang Panjang kepada Awaluddin Awe, wartawan sekaligus Wapimred Kabarpolisi.com pada acara syukuran Hari Bhayangkara ke 74, Rabu, 1 Juli 2020. (foto : ist)

Padang Panjang, Kabarpolisi.com – Perayaan Hari Bhayangkara ke 74 yang jatuh pada hari Rabu, 1 Juli2020 di Polres Padang Panjang diwarnai dengan penyerahan penghargaan dan kenaikan pangkat 18 personil Polres plus satu personil Sat Brimob Polda Sumbar.

Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, SIK mengawali penyerahan Piagam penghargaan Satya Lencana Nararya 32 Tahun kepada Ipda Harefa, Aiptu Muklis, Purn Aiptu Syahrial, dan Alm Aiptu Ridwan Djamal.


Walikota Fadly Amran mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara ke 74 secara virtual dari Istana Negara di Mapolres bersama Kapolres AKBP Apri Wibowo dan Ketua DPRD mardiansyah serta anggota Forkopimda Padang Panjang (foto : Humas Res PP)

Selain itu, AKP Winerdi dan Iptu Saherman menerima Bintang Nararya dari Presiden Joko Widodo atas dedikasi dan loyalitas sebagai personil Polri dalam masa tugas dibawah 30 tahun.


Kapolres menyerahkan penghargaan Bintang Nararya kepada Iptu Saherman SH bersama AKP Winerdi

Kapolres juga memberikan  penghargaan kepada personil Polres Padang Panjang yang aktif, yakni Bripka Diko Maha Putra (Bhabinkamtibmas Teraktif) dan Aipda Amrinas (pengungkapan kasus Curanmor di Polsek X Koto).

Selanjutnya pemberian tali asih kepada Purnawirawan Polri Purn. Damri Husen dan Purn. Aziz Chan Bahar.

Sejumlah wartawan peliput di Polres Padang Panjang juga menerima tali asih dari Polres Padang Panjang dengan kategori berita terbanyak. Mereka adalah Alfian YN (Topsumbar.co.id), Sapta Saputra (Pasbana.com), Islandefri (Goparlement) dan Awaluddin Awe dari Kabarpolisi.com.

BACA JUGA  Kunker ke Polres Kotawaringin Barat, Wakapolda Kalteng Beri Arahan

Peringatan Hari Bhayangkara di Polres Padang Panjang juga diwarnai dengan kenaikan pangkat 18 personil polres dan satu orang dari Sat Brimob Polda Sumbar.

Adapun rincian dari kenaikan pangkat tersebut adalah sebagai berikut : dari Iptu ke AKP satu orang,  dari Aipda ke Iptu satu orang, dari Bripka ke Aipda tiga orang, dari Brigadir ke Bripka 11 orang, dari Bripda ke Briptu dua orang dan dari Penda Tk I ke Penata satu orang.

Virtual dan Syukuran

Agenda peringatan Hari Bhayangkara ke 74 di Polres Padang Panjang dilakukan dua tahap. Tahap pertama adalah peringatan Hari Bhayangkara secara virtual langsung dari Istana Negara dengan Irup Presiden Joko Widodo.

Bertempat di Aula Endra Darmalaksana, Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, SIK, memimpin upacara peringatan Hari Bhayangkara ke 74 tahun 2020 secara virtual yang disiarkan langsung dari Istana Presiden Republik Indonesia, Rabu 1 Juli 2020.

Peringatan Hari Bhayangkara ke 74 tahun 2020 dengan tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif “ dihadiri Walikota Fadly Amran, Bupati Tanah Datar diwakili, Ketua DPRD Mardiansyah dan segenap anggota Forkopimda Padang Panjang.

Upacara dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid -19 ketat dimana setiap peserta upacara memakai masker dan berdiri berjarak minimal satu meter.

Setelah rehat sejenak, upacara kemudian dilanjutkan syukuran dengan formasi round table. Semua undangan duduk dengan meja bulat dan melingkar.

Acara syukuran diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Kapolres dan potongan pertama diberikan kepada personil Polres tertua dan termuda, yaitu Aiptu Rianto dan Bripda Hafiz.

Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA juga memberikan ‘hadiah istimewa’ kepada Kapolres Padang Panjang, AKBP Apri Wibowo, S.IK berupa kue mirip kue ulang tahun.

BACA JUGA  Satgas Yustisi Polres Barsel Gelar Patroli Prokes

Berbeda dari Sebelumnya

Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, S.IK diawal acara syukuran membacakan amanat Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto, MH yang menyebut peringatan Hari Bhayangkara ke-74 kali ini sangat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya.

“Kita semua penuh keperihatinan karena dampak bencana wabah penyakit menular yang menerpa seluruh negara di dunia,” kata Kapolda.

Namun berkat rahmat Allah, lanjut Kapolda, kita tetap dapat melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-74 secara virtual.

“Begitupun syukuran kali ini dapat terlaksana dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana telah ditetapkan pemerintah dalam rangka mempercepat penanganan Covid-19,” tutur Kapolda.

Kapolda juga menyampaikan, dalam menjawab tantangan revolusi industri 4.0 di tengah masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia, Polda Sumbar berinovasi membuat sistem yang terintegrasi guna meringankan pekerjaan, meningkatkan kualitas, mempermudah fungsi kontrol dan evaluasi serta meningkatkan performa pelaksanaan tugas kepolisian dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat dalam bentuk dashboard aplikasi Polda Sumbar.

Kapolda juga menyampaikan apresiasi kepada personil Polda Sumbar yang telah menunjukan kinerja dan prestasi, sehingga mendapatkan penghargaan dari Kapolri, Menteri ATR/BPN, Menteri PUPR, Gubernur Sumbar dan Ketua PMI Prov. Sumbar.

“Hal ini hendaknya memotivasi bagi personil Polda Sumbar lainnya dalam meningkatkan kinerja,” pintanya.

Kapolda juga mengajak jajarannya agar dapat menjadikan Hari Bhayangkara sebagai momentum introspeksi dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian.

Diakhir sambutannya, Kapolda mengakui bahwa berbagai upaya yang dilakukan Polri selama ini dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya memenuhi harapan.

Namun, lanjutnya, Polri akan tetap berupaya secara konsisten dan berkesinambungan untuk memperbaiki segala kekurangan dan ketidaksempurnaan tersebut. Sehingga kedepannya kualitas pelayanan Polri akan semakin baik dan terus meningkat.

BACA JUGA  Polres Mentawai Sita 1 Kg Ganja Kering Siap Edar

Setelah menyampaian amanat Kapolda Sumbar, Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, S.IK, mengajak kepada segenap mitra Polres Padang Panjang dan segenap instansi terkait untuk tetap bersama sama lagi mengendalikan Covid -19.

“Sebab kita semua belum tau sampai kapan wabah Covid -19 ini akan berakhir,” kata Apri.

Dia menegaskan bahwa Polres Padang Panjang akan terus melakukan perkuatan terhadap pengendalian Covid -19 sekaligus membantu masyarakat yang terpapar efek virus Corona.

Sampai saat ini, sebut Kapolres, pihaknya telah menyalurkan dua ton beras dan 710 paket sembako bagi masyarakat Padang Panjang dan sebagian warga Tanah Datar.

Selain itu, Polres Padang Panjang juga telah memberikan bantuan berupa APBD dan masker.

“Semua itu kami lakukan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat sebagaimana diamanatkan Kapolri dan Kapolda Sumbar,” kata AKBP Apri Wibowo, SIK di depan Walikota Fadly Amran, Ketua DPRD Mardiansyah dan Forkopimda Padang Panjang.

Awaluddin Awe